Peta Wisata Kudus Terancam Terganggu

Warga berada di tangga makam Sunan Muria, Kabupaten Kudus, beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Warga berada di tangga makam Sunan Muria, Kabupaten Kudus, beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kudus merancang sebuah peta wisata untuk wilayah setempat, sekarang. Peta tersebut meliputi Menara Kudus, Wisata Colo dan bermuara di kawasan timur yakni Museum Patiayam.

Hanya, Dinas Perhubungan membuat sebuah rencana larangan bus ke kawasan atas. Dengan demikian, maka skema tiga wisata akan terganggu lantaran kebanyakan wisatawan dalam skala besar menggunakan kendaraan bus.

Kepala Disbudpar Yuli Kasianto mengatakan, sebenarnya rencana sudah ada sejak lama. Wisata tersebut berakhir di bagian timur Kudus, yang bermuara pada sebuah tempat sentral oleh-oleh wisata di Kudus. “Selama ini sudah banyak pembangunan sebelah barat. Jadi rencananya akan kami fokuskan pula di bagian timur. Sebab selama ini kurang tersentuh,” katanya kepada MuriaNewsCom, di Kudus, Selasa (31/1/2017).

Pihaknya tak terlalu menyinggung tentang rencana Dishub tersebut. Namun pihaknya lebih menekankan pembangunan yang akan digunakan pada bagian timur Kudus tersebut.

Sementara, Camat Dawe Eko Budi menyebutkan kalau segitiga wisata Kudus (Menara, Muria dan Patiayam) sedang digulirkan. Wacana tersebut sudah lama didengar olehnya. Sehingga pihaknya kaget soal rencana dari Dishub tersebut. “Lha nanti bagaimanapun wisatawan yang ke Colo, bisa-bisa malah menjadi sepi. Soalnya selama ini yang ziarah itu dari berbagai tempat, dan paling banyak menggunakan kendaraan jenis bus,” jelasnya.

Editor : Akrom Hazami