Tim Saber Pungli Jepara Dikukuhkan

 Plt Bupati Jepara Ihwan Sudrajat mengukuhkan Tim Saber Pungli di Pendapa Jepara, Jumat (27/1/2017). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Plt Bupati Jepara Ihwan Sudrajat mengukuhkan Tim Saber Pungli di Pendapa Jepara, Jumat (27/1/2017). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom,Jepara – Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) tingkat Kabupaten Jepara resmi dikukuhkan oleh Plt Bupati Jepara Ihwan Sudrajat, di Pendapa Kabupaten pada Jumat (27/1/2017) siang.

Plt Bupati Jepara Ihwan Sudrajat menyampaikan, dengan dikukuhkannya Tim Saber Pungli, diharapkan nantinya bisa melaksanakan tugas secara maksimal dan bekerja membangun integritas. Sehingga kinerja aparatur sipil negara (ASN) bisa maksimal.

“Kita contohkan saja, belum ada satu bulan launching Portal “Lapor Bupati”, kita sudah dipenuhi laporan.Kalau laporan warga ini misalnya mengenai insfrastruktur, maka  langsung bisa ditangani. Akan tetapi, jika ada laporan yang berkaitan dengan pungli, maka akan kita serahkan ke Tim Saber Pungli, supa bisa menindaknya,” ujarnya.

Dia menambahkan, dirinya meminta untuk tim saber pungli ini bisa bertugas mulai dari bawah. Yakni mulai desa, kecamatan dan sebagainya. Sebab saat ini, menurutnya cukup banyak persoalan masyarakat mengenai pungli tersebut.

Sementara itu, Kapolres Jepara AKBP Samsu Arifin mengatakan, tim ini nantinya bakal menindak kegiatan pungutan liar yang saat ini diduga masih terjadi dan dilakukan oleh ASN.

“Baik siapapun ASN yang bertugas di kantor maupun di  lapangan. Sebab pungli tersebut dianggap meresahkan masyarakat. Selain itu, pungli juga dapat mengganggu arus investasi di wilayah kita, dan harus ditindak. Pokoknya pungli itu menjadi duri dan menjadi tantangan kita semua,” katanya.

Tim yang dipimpin oleh Waka Polres Jepara Kompol Aan Hardiansyah tersebut, diminta langsung tancap gas untuk menindak praktik pungli di daerah Jepara. “Yang meresahkan masyarakat di birokrasi saat ini adalah pungutan liar, sebab mereka berlindungnya di balik peraturan. Kadang mereka memungut biaya sesuka hatinya,” ungkapnya.

Editor : Kholistiono