Usai Dilaunching, Portal “Lapor Bupati” Langsung Kebanjiran Aduan

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jepara Yoso Suwarno menunjukan Portal “Lapor Bupati” yang mendapatkan laporan dari warga. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jepara Yoso Suwarno menunjukan Portal “Lapor Bupati” yang mendapatkan laporan dari warga. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Jepara – Usai dilaunching pada Jumat (13/1/2017) lalu, Portal “Lapor Bupati” langsung kebanjiran laporan. Terhitung mulai 13-21 Januari, laporan yang masuk sudah ada 95, dengan beragam hal.

Kasi Pelayanan Informasi pada Dinas Komunikasi dan Informatika Jepara Abdul Haris Farawoman mengatakan, laporan atau aduan yang masuk tersebut, melalui group WhatsApp, SMS, Facebook atau juga Twitter. “Dari banyaknya laporan yang masuk, 61 persen disampaikan melalui WA, sisanya melalui Facebook, Twitter dan SMS,” ujarnya.

Dirinya menyatakan, sebagian besar laporan yang masuk ditujukan untuk Dinas PU, PDAM, Disdukcapil, PLN dan Dishub. Jika ada laporan, katanya, hal itu langsung dikirim ke gurp WA SKPD. Sehingga SKPD terkait bisa langsung menindaklanjutinya.

Dia melanjutkan, dengan adanya Portal “Lapor Bupati” ini, setiap keluhan masayarakat, laporan, masukan dan kritikan masyarakat bisa langsung diketahui oleh pihak terkait.

“Seperti contoh beberapa hari lalu di Desa Rau, Kecamatan Kedung, ada tumpukan sampah di sungai desa setempat. Setelah itu ada warganya yang laporan ke Portal “Lapor Bupati” untuk meminta bantuan alat berat. Dan akhirnya, pihak terkait langsung mengirimkan alat berat untuk mengeruk sampah tersebut,” ucapnya.

Bahkan, katanya, ada juga warga yang mengadu terkait adanya bus mini jurusan Kudus-Jepara yang mengeluarkan kepulan asap tebal. Terkait hal ini, kemudian pihak Dishub langsung memeriksa kelaikan bus tersebut di terminal.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Jepara Yoso Suwarno mengutarakan, secara umum adanya portal tersebut cukup efektif. Mekanisme masuk ke portal tersebut bisa berupa keluhan, saran, pendapat ataupun pertanyaan.

“Laporan yang masuk itu nantinya diterima oleh admin. Setelah itu laporan tersebut  diteruskan ke grup WA pemerintah yang beranggoatakan SKPD, camat, pimpinan BUMD bahkan juga ada Plt Bupati. Ya mudah-mudahan portal ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Jepara,” pungkasnya.

Untuk diketahui, bagi masyarakat yang belum ingin menyampaikan aduan atau hal lainnya, bisa menyampaikan melalui telepon atau SMS ke nomor 0812 90000 525. Kemudian juga bisa ke Facebook jeparakab.go.id atau Twitter @jeparakabgoid.

Editor : Kholistiono