Kemenko Polhukam RI Datang ke Pati untuk Menganalisa Pelaksanaan Pilkada

Asdep Koordinator Otonomi Khusus Kemenko Polhukam RI Brigjen TNI Herwin Suparjo saat datang ke Pati untuk memantau perkembangan Pilkada, Rabu (25/1/2017). (MuriaNewsCOm/Lismanto)

Asdep Koordinator Otonomi Khusus Kemenko Polhukam RI Brigjen TNI Herwin Suparjo saat datang ke Pati untuk memantau perkembangan Pilkada, Rabu (25/1/2017). (MuriaNewsCOm/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Asdep Koordinator Otonomi Khusus Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) RI Brigjen TNI Herwin Suparjo datang ke Rumah Dinas Bupati Pati, Rabu (25/1/2017). Kedatangan Herwin untuk melakukan pemantauan terkait dengan tahapan pelaksanaan Pilkada.

Sejumlah pejabat publik Pemkab Pati hadir dalam kunjungan pemantauan pilkada tersebut. Beberapa yang menyampaikan pemaparan, antara lain Polres Pati dan Kodim 0718/Pati, Kesbangpol Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pati, serta Panwaslu Pati.

Masing-masing menyampaikan kondisi Pilkada Pati dari berbagai aspek dan analisa. “Hasil pemaparan dari berbagai pihak, semuanya sudah siap dan menjalankan tugasnya dengan baik. Kami dari Menkopolhukam akan melakukan sinkronisasi laporan-laporan tadi ke pusat,” ujar Herwin.

Laporan dari berbagai pihak tersebut akan dibawa ke Kemenkopolhukam RI untuk dilakukan analisa. Data-data tersebut akan disinkronisasi antara regulasi pusat dan daerah. Selanjutnya, data itu akan dikaji, ditafsir dan dianalisa yang menghasilkan kesimpulan.

“Data-data dari daerah sangat perlu untuk disinkronisasi dengan data yang ada di pusat untuk dianalisa. Semua dilakukan untuk mengantisipasi adanya kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan selama pilkada. Kami berharap, Pilkada Pati bisa berjalan aman, tertib dan sesuai dengan harapan rakyat,” imbuhnya.

Ditanya soal kerawanan selama pilkada, dia mengaku hampir setiap daerah di Indonesia punya tingkat kerawanan dengan karakter masing-masing. Karena itu, dia meminta kepada penyelenggara pilkada, pihak keamanan, dan masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondusivitas di wilayahnya masing-masing.

Editor : Kholistiono