Mbah Bungkuk Mengaku Pernah Ditemui Angling Darma

 Mbah Bungkuk, juru kunci Makam Angling Darma, usai mengunci pintu lokasi makam. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Mbah Bungkuk, juru kunci Makam Angling Darma, usai mengunci pintu lokasi makam. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Juru kunci makam Angling Darma, Suroso atau yang akrab dikenal warga “Mbah Bungkuk” mengaku pernah ditemui Prabu Angling Darma dalam mimpinya. Dia mendapatkan pitutur untuk menjaga kesehatan dan merawat anak cucunya dengan baik.

Mbah Bungkuk sendiri meneruskan ayahnya, merawat Makam Angling Darma yang berada di pinggir jalan Dukuh Mlawat, Desa Baleadi, Kecamatan Sukolilo, Pati. Bahkan, Batik Madrim juga diakui sering datang ke tempat tersebut.

“Kadang ketemu di mimpi, dipanggili. Cuma pitutur soal anak cucu. Arwah Batik Madrim juga seringkali di sini bersama Sang Prabu Angling Darma,” kata Mbah Bungkuk saat berbincang dengan MuriaNewsCom.

Makam tersebut paling banyak dikunjung pada Kamis malam. Mereka datang untuk berziarah, berharap bisa mendapatkan “berkah” dari Sang Prabu. Bila hajat terkabul, tak jarang yang kemudian menggelar hajatan di sana.

Meski tempat tersebut diyakini sebagai tempat peristirahatan terakhir Sang Prabu, tetapi tidak semua orang berpendapat sama. Ada yang mengatakan, tempat itu hanya sebatas petilasan. Alasannya sederhana, tidak ada yang tahu makam Angling Darma.

Kardi, misalnya. Warga yang tinggal tidak jauh dari lokasi makam, yakin bila itu sebatas petilasan. “Tidak ada yang tahu makamnya di mana. Sebab, di mana-mana juga banyak yang mengklaim makam Angling Darma. Kalau saya ditanya, saya pasti jawab itu petilasan,” tuturnya.

Hanya saja, dia mengakui bila makam tersebut banyak dikunjungi warga yang sebagian besar dari Jawa Timur. Warga diharapkan tidak sekadar mempercayai mitos belaka, tetapi juga mesti meneladani kisah-kisah perjuangan dan kepemimpinannya yang bijaksana.

Editor : Kholistiono