Stok Darah di PMI Rembang Aman Hingga Akhir Tahun 2016

Susi, bagian unit tranfusi darah PMI Rembang menunjukan stok darah yang disimpan di almari penyimpanan darah. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Susi, bagian unit tranfusi darah PMI Rembang menunjukan stok darah yang disimpan di almari penyimpanan darah. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Palang Merah Indonesia (PMI) Rembang memastikan, stok darah hingga akhir tahun 2016 ini masin aman. Hingga saat ini, masih ada sisa darah dan masih ada berbagai kegiatan donor darah yang akan dilakukan oleh berbagai kalangan dalam beberapa hari ke depan.

“Amannya stok darah tersebut, lantaran saat ini PMI masih mempunyai stok yang cukup. Selain itu, nantinya juga ada kegiatan donor darah yang akan dilakukan oleh dalam beberapa acara,” ujar Susi, bagian unit tranfusi darah (UTD) PMI Rembang.

Dari data yang dimiliki, hingga saat ini stok darah golongan A ada sebanyak 80 kantong, B ada 185 kantong, AB 10 kantong dan O sebanyak 135 kantong. “Rabu besok, kita juga akan mengadakan donor darah pada  peringatan Hari Satpam. Kemudian, pada Kamis depan juga ada donor lagi dalam rangka peringatan Hari Ibu. Sehingga stok darah kita bisa bertambah lagi,” imbuhnya.

Ia katakan, untuk tahun 2016 ini, PMI Rembang, tiap bulannya menargetkan seribu kantong darah berbagai golongan. Kemudian, untuk penyalurannya, selama ini, tidak kurang 800 hingga 900 kantong darah setiap bulan didistribusikan. Baik itu ke rumah sakit yang ada di Rembang maupun di Tuban dan juga Jepara.

Editor : Kholistiono