Jurus Satpol PP Kudus Kurangi Pengemis Nakal

Warga beraktivitas di Menara Kudus, Sabtu (10/12/2016). (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Warga beraktivitas di Menara Kudus, Sabtu (10/12/2016). (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kudus memiliki skala prioritas dalam menjalankan razia pengemis di kawasan Menara. Pada bulan tertentu, petugas lebih disiagakan dalam beroperasi dibandingkan dengan biasanya.

Kepala Satpol PP Kudus Abdul Halil mengatakan, pada saat ramai peziarah biasanya jatuh pada sebelum Ramadan atau saat bulan Asyura. Pada saat itu, petugas satpol PP datang semenjak habis Subuh hingga Zuhur tiba. “Karena memang banyak pengemis pada saat itu. Makanya kami datang lebih pagi supaya mereka tidak menganggu peziarah,” katanya kepada MuriaNewsCom, di Kudus, Sabtu (10/12/2016).

Menurutnya, pada saat sekarang ini, Satpol PP  tidak menerapkan pola demikian, namun hanya melakukan patroli rutin. Hal itu melihat berkurangnya peziarah pada saat sekarang ini. Biasanya, kata Halil, patroli dilakukan sekitar pukul 07.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Kemudian patroli selanjutnya dilakukan pada pukul 15.00 WIB ke atas hingga Maghrib tiba. Pada jam itu, diketahui pengemis banyak berkeliaran.

Namun, belakangan diketahui petugas kalau pengemis suka “kucing-kucingan” dengan petugas. Sehingga jadwal patroli terkadang dibuat dengan tidak teratur supaya bisa menindak para pengemis. “Kami sadari masih kurang maksimal. Tapi kami masih berupaya terus operasi supaya mereka bisa kapok,” jelasnya.

Editor : Akrom Hazami