Ratusan PSK di Pati Ikuti Upacara Kemerdekaan RI

Dandim 0718/Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusuma menjadi inspektur upacara Hari Kemerdekaan bersama kaum marjinal di Kompleks Pasar Hewan Margorejo. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Dandim 0718/Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusuma menjadi inspektur upacara Hari Kemerdekaan bersama kaum marjinal di Kompleks Pasar Hewan Margorejo. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Ratusan pekerja seks komersial (PSK) dari Lorong Indah (LI) dan Kampung Baru mengikuti upacara kemerdekaan RI ke-71 di Kompleks Pasar Hewan, Jalan Raya Pati-Kudus Km 2, Margorejo, Pati, Rabu (17/8/2016).

Mereka kompak mengenakan baju warna merah untuk peserta yang berada pada sisi barat dan putih pada sisi timur. Bila dilihat dari kejauhan, baju yang mereka pakai membentuk warna merah putih sebagai bendera kebanggaan Republik Indonesia.

Kegiatan upacara tersebut dihadiri oleh Dandim 0718/Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusuma, Pasiter Kodim Pati Kapten Inf Mujima, Pasi Intel Kodim Pati Kapten Inf Yahudi, Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Margorejo, Gusdurian, dan anggota DPRD Pati Endah Sri Wahyuningsih.

“Kegiatan ini merupakan awal yang positif untuk menghargai merah putih dan Hari Kemerdekaan. Siapa pun orangnya berhak merayakan kemerdekaan RI. Tidak semua orang mau bertahan dalam kondisi seperti ini. Semua merupakan tuntutan hidup yang membuat seseorang menjadi kaum marjinal. Tugas kita, bagaimana bisa mengentaskan dan memberikan ruang bagi kaum marjinal untuk berhak menghormati merah putih,” ujar Letkol Inf Andri.

Sementara itu, Anggun (nama samaran), salah satu penghuni lokalisasi Lorong Indah memaknai Hari Kemerdekaan sebagai momentum untuk mengingat jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang selama ratusan tahun. Selama ratusan tahun, kata Anggun, bangsa Indonesia tidak bisa berdiri sendiri, hidup dalam tekanan bangsa asing, dan terjajah.

Karenanya, ia tidak bisa membayangkan hidup pada zaman penjajahan. “Yang hanya bisa saya lakukan adalah berdoa supaya para pejuang bangsa diberikan tempat terbaik di sisi Tuhan. Dengan jasa-jasa para pejuang kemerdekaan, kita bisa menghirup udara dengan tenang di bumi Indonesia,” pungkasnya.

 Editor : Kholistiono