Jadikan Rembang Sebagai Kota Literasi Melalui Program Microlite

 Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah Edy Winarno bersama Bupati Rembang Abdul Hafidz (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)


Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah Edy Winarno bersama Bupati Rembang Abdul Hafidz (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Untuk mewujudkan Rembang sebagai Kota Literasi, berbagai upaya dilakukan. Baik dari pemerintah daerah maupun berbagai pihak yang memiliki kepedulian terhadap pembangunan sumber daya manusia melalui budaya membaca dan menulis.

Salah satu yang saat ini sedang digaungkan yaitu program Menciptakan Insan Cakap dan Ramah Literasi (Microlite). Program tersebut dicanangkan oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Rembang.

Kepala Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Rembang Edi Winarno mengatakan, dengan adanya program tersebut diharapkan dapat memacu masyarakat Rembang untuk membudayakan membaca dan menulis.

“Perwujudan Kota Literasi juga menjadi bagian dari komitmen Pemkab Rembang untuk tidak hanya fokus dalam membangun infrastruktur, tetapi juga fokus pada indeks pembangunan manusia di Rembang,” katanya.

Dalam praktiknya, katanya, pihaknya akan memacu bagaimana masyarakat, khususnya anak-anak dan remaja untuk lebih meningkatkan budaya literasi. Dalam hal ini, menurutnya bisa dilakukan dengan kegiatan-kegiatan atau kebijakan yang merangsang masyarakat mau membaca dan menulis.

Lebih lanjut ia katakan, pihaknya juga telah menjalin kerjasama dengan pihak swasta untuk mewujudkan program Microlet tersebut. Diharapkan, dengan adanya dorongan berbagai pihak, Rembang sebagai Kota Literasi bisa terwujud secara maskimal.

Editor : Kholistiono