Kapolres Grobogan Mendadak Kumpulkan Tokoh Agama

 

 

Kapolres Grobogan dan jajarannya menggelar pertemuan dengan tokoh agama di mapolres (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Kapolres Grobogan dan jajarannya menggelar pertemuan dengan tokoh agama di mapolres (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Kasus kerusuhan yang terjadi di Tanjung Balai, Sumatera Utara ternyata mendapat perhatian serius dari Kapolres Grobogan AKBP Agusman Gurning. Hal ini, terlihat dengan adanya pertemuan dengan tokoh agama yang ada di Grobogan, Rabu (3/8/2016) sore di Aula Jananuraga Mapolres Grobogan.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Badan Kesbanglinmas Yudhi Sudarmunanto, Ketua FKUB Toha Karim Amrullah, Sekretaris MUI Mahbub Ulil Albab dan pejabat dari Kantor Kemenag Grobogan. Terlihat pula, tokoh lintas agama dan beberapa tokoh masyarakat.

“Kasus kerusuhan di Tanjung Balai banyak menuai keprihatinan dari seluruh elemen masyarakat Indonesia termasuk tokoh lintas agama, tokoh masyarakat serta aparat keamanan di Grobogan. Untuk mencegah merebaknya konflik sosial antarumat beragama tersebut, kami mengajak tokoh agama dan masyarakat di sini untuk berdiskusi secara langsung guna menciptakan wilayah Grobogan yang kondisif dan bebas dari berbagai konflik,” kata Agusman.

Menurutnya, untuk mencegah terjadinya konflik sosial di masyarakat, maka perlu terjalin silaturahmi yang kokoh dari para tokoh agama dan tokoh masyarakat. Hal ini juga perlu mendapat dukungan dari pemerintah daerah maupun unsur aparat keamanan.

Pada kesempatan itu, Agusman juga menyampaikan pentingnya nilai luhur Pancasila serta sikap saling menghormati kebebasan menganut keyakinan beragama sesuai amanah UUD 1945 yang harus tetap dipegang oleh seluruh warga negara Indonesia.

Dia juga meminta agar masyarakat Grobogan jangan mudah terprovokasi adanya informasi melalui broadcast media sosial. Sebab, belum tentu informasi tersebut benar adanya.

“Harap berhati-hati dalam menyebarkan suatu broadcast yang didapat dari orang lain. Teliti dan cek kebenarannya. Bila perlu bisa langsung menghubungi saya. Saya berharap, melalui pertemuan ini bisa terwujud situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,” imbuh Agusman.

Editor : Kholistiono