Hanya Raih Adipura Kirana, Ini Kekurangan Pemkab Jepara

adipura

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi saat menerima piala Adipura Kirana usai diarak keliling Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Pemerintah Kabupaten Jepara tahun ini mendapatkan penghargaan berupa piala Adipura Kirana. Piala tersebut se-level dengan piala adipura-adipura sebelumnya yang didapatkan oleh Kota Ukir.

Pemkab Jepara belum mampu meraih penghargaan Adipura tertinggi yakni Adipura Paripurna.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Jepara Fathurrahman membeberkan kekurangan Kabupaten Jepara dalam perlombaan bidang kebersihan tersebut. Salah satunya adalah tidak memiliki kreasi yang luar biasa dalam memanfaatkan limbah atau sampah yang ada di Kabupaten Jepara.

“Memang masih kurang, kita belum bisa menemukan kegiatan yang benar-benar luar biasa. Misalnya penggunaan limbah mebel diolah menjadi energi atau yang lainnya. Sebab, selama ini Jepara sudah terkenal dengan mebelnya,” ujar Fathurrahman kepada MuriaNewsCom, Selasa (2/8/2016).

Menurutnya, sejauh ini pihaknya bersama tim dan instansi terkiat lainnya baru meraba-raba dan mencari sesuatu yang luar biasa tersebut. Pandangan ke arah pemanfaatan limbah mebel memang sudah ada. Hanya, pihaknya belum memiliki konsep yang matang.

“Kami nanti akan coba menggandeng desa-desa yang memang sudah menjadi sentra mebel. Seperti Demangan, dan Petekeyan. Di sana sudah ada embrio dari program PNPM mengenai pemanfaatan limbah mebel. Kalau bisa disigergikan malah bagus,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, ketika dua desa tersebut bisa disinergikan untuk pemanfaatan limbah agar memiliki produk luar biasa yang diunggulkan. Maka bukan menjadi hal yang mustahil Kabupaten Jepara tahun depan bisa meraih piala Adipura tertinggi.

“Kalau untuk masalah kebersihan secara umum sudah bagus dan cukup. Tempat Pembuangan akhir sampah juga sudah cukup standar meskipun memang perlu dikembangkan lagi. Harapannya tahun depan bisa meraih piala yang lebih tinggi lagi levelnya,” imbuhnya.

Editor : Akrom Hazami