Calhaj Rembang Diajari Cara Buang Hajat di Pesawat

 Calon jemaah haji asal Rembang ketika mengikuti pembekalan di Pendapa Kabupaten Rembang (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)


Calon jemaah haji asal Rembang ketika mengikuti pembekalan di Pendapa Kabupaten Rembang (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Naik pesawat sepertinya kegiatan langka bagi calon haji (Calhaj) dari Kabupaten Rembang. Sehingga mereka memerlukan pelatihan sebelum terbang bersama ‘burung besi’ tersebut menuju ke Tanah Suci.

“Kemenag berupaya semua tahapan haji dipelajari oleh calon jemaah haji dulu. Termasuk, tahapan naik pesawat. Mereka diberikan pemahaman seputar tata cara ketika berada di pesawat, termasuk bagaimana kalau ingin buang hajat,” jelas Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Agama Islam Kementrian Agama Rembang  Ruchbah.

Menurutnya, hal ini perlu dilakukan karena sebagian besar calhaj sudah berusia lanjut. Sehingga saat melakukan yang sebenarnya tidak melakukan kesalahan. Tahapan naik pesawat, juga harus dilakukan. Ini karena banyak calhaj yang baru pertama kali naik pesawat.

“Bila bapak dan ibu akan buang air kecil atau besar di toilet pesawat, maka bisa memakai air secukupnya. Setelah itu bisa menggunakan tisu toilet dengan secukupnya. Dan tisu tersebut jangan sampai berceceran di bawah,” imbaunya.

Selain itu, dirinya juga berharap kepada jemaah untuk lebih hati-hati. “Bila ingin keluar pemondokan, maka bawalah uang secukupnya saja. Selebihnya bisa disimpan di koper. Selain itu juga jangan mudah melempar senyum ke orang lain yang tidak dikenal. Dikhawatirkan, bisa menimbulkan hal yang negatif,” harapnya.

Editor : Kholistiono