Bupati Rembang Imbau Calhaj untuk Sering ‘Jalan-jalan’

 Bupati Rembang Abdul Hafidz memberikan sambutan di acara manasik haji masal dan sekaligus melepas calon haji Rembang (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)


Bupati Rembang Abdul Hafidz memberikan sambutan di acara manasik haji masal dan sekaligus melepas calon haji Rembang (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

 

MuriaNewsCom, Rembang – Bupati Rembang Abdul Hafidz mengimbau kepada seluruh calon haji untuk lebih sering jalan-jalan atau berolahraga. Hal ini, agar jemaah nanti memiliki kondisi fisik yang bugar, sehingga bisa mengikuti rangkaian ibadah haji dengan sempurna.

“Sering olahraga, jalan-jalan. Hal ini bisa dilakukan kalau pagi atau sore hari. Sebab ibadah haji di Makkah nanti juga banyak jalan-jalannya. Namun jalan-jalan itu untuk ibadah. Bila Anda latihan olahraga jalan-jalan setiap pagi, maka akan terbiasa saat menunaikan ibadah haji,” ucap Hafidz.

Selain itu, dirinya juga berharap kepada suluruh calon jemaah haji bisa menunaikan ibadah haji dengan sempurna.”Sebenarnya ibadah haji itu hanya 6 hari saja. Yakni mulai dari tanggal 8 hingga 13 Zulhijjah saja. Setelah 6 hari itu, Anda sudah menyandang haji. Bukan 42 hari, sebab 42 hari itu hanya prosesnya,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, tanggal 8 Zulhijjah itu merupakan untuk persiapan menuju ke Arofah. Sementara itu, tanggal 9 hingga 13 ada kegiatan mabit di Mina.Bupati juga jemaah dari Rembang bisa menjaga nama baik negara Indonesia.

“Jangan mudah emosi dengan warga lain, dengan jemaah lain. Jangan mudah emosi, karena kalau mudah marah maka akan menghilangkan niat haji tersebut. Sebab marah itu bisa melunturkan pahala haji,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono