KPU Sebut Ada 3 Tokoh yang Bakal Maju pada Pilkada Pati Lewat Jalur Independen

 Sri Susahid (berbaju hijau), seorang tokoh yang mengajukan diri sebagai Calon Bupati Pati lewat jalur independen. (MuriaNewsCom/Lismanto)


Sri Susahid (berbaju hijau), seorang tokoh yang mengajukan diri sebagai Calon Bupati Pati lewat jalur independen. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Komisioner KPU Pati Imbang Setiawan menyebut, ada tiga tokoh yang sudah beberapa kali konsultasi terkait dengan syarat dan pendaftaran Calon Bupati Pati melalui jalur nonparpol. Satu di antaranya, seorang mantri asal Desa Payang, Kecamatan Pati Kota, Sri Susahid.

“Sudah ada tiga tokoh yang datang untuk bertanya terkait dengan syarat dan pendaftaran. Namun, kami tidak bisa menyebutkan namanya karena belum sampai pada tahapan pendaftaran calon bupati dari perseorangan. Pendaftaran dijadwalkan pada 6 sampai 10 Agustus 2016,” ujar Imbang, Jumat (29/7/2016).

Untuk lolos menjadi calon bupati lewat nonparpol, kata Imbang, seorang tokoh mesti lolos verifikasi berkas. Pasalnya, berkas tersebut nantinya akan diteliti secara administratif. Salah satunya, ada kemungkinan dukungan ganda atau tidak.

Tak berhenti di situ, KPU akan melakukan verifikasi faktual yang dilakukan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Seseorang yang menyatakan dukungannya terhadap calon independen benar-benar dicek dari satu rumah ke rumah lainnya.

“Aturan itu sudah sesuai dengan undang-undang. Jadi, tidak ada pendukung bayangan. Semua akan diverifikasi secara faktual. Dari 67.015 dukungan minimal harus tersebar minimal di 11 kecamatan dari 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Pati,” imbuhnya.

Editor : Kholistiono