Ini Aktivitas Perdana Proyek Revitalisasi Alun-alun Purwodadi

Sejumlah pekerja tengah memasang patok kayu di sekeliling Alun-alun Purwodadi (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Sejumlah pekerja tengah memasang patok kayu di sekeliling Alun-alun Purwodadi (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Setelah mendapat sorotan, proyek revitalisasi Alun-alun Purwodadi akhirnya mulai dikerjakan. Hal ini, terlihat dengan adanya belasan pekerja yang mulai melakukan kegiatan di seputar kawasan alun-alun, Jumat (29/7/2017).

Dari pantauan di lapangan, belasan pekerja tersebut melakukan pemasangan patok kayu di sekeliling alun-alun. Tepatnya, beberapa meter di belakang trotoar yang ada saat ini. Patok tersebut merupakan tanda untuk lokasi penggalian pondasi trotoar yang baru.

Informasi yang didapat, dalam waktu dekat, pihak rekanan akan memasang pagar penutup di lokasi pekerjaan. Tepatnya, di sisi luar trotoar atau di pinggir jalan sekeliling alun-alun. Penutupan ini dilakukan untuk pengamanan material dan peralatan kerja yang akan segera ditempatkan di situ.

Kepala Dinas Cipta, Karya Tata Ruang dan Kebersihan (DCTK) Grobogan M Chanif menyatakan, sebenarnya, pihak rekanan bermaksud memasang pagar pengaman lebih dulu sebelum melakukan kegiatan. Namun, pihaknya meminta agar pemagaran ditunda dulu sampai PKL yang ada di situ menempati lahan relokasi sementara.

“Dalam akhir pekan ini, para PKL kita toleransi masih boleh jualan di alun-alun. Minggu depan, mereka sudah harus pindah ke tempat relokasi yang sudah kita siapkan. Jadi, pekan depan kemungkinan akan dilakukan pemagaran,” ujar Chanif melalui Kabid Cipta Karya Joni Sarjono.

Menurutnya, sesuai kontrak, proyek revitalisasi alun-alun itu sudah harus rampung dalam waktu 160 hari terhitung sejak 16 Juli lalu. Batas akhir penyelesaian proyek senilai Rp 10,6 miliar ini sampai dengan 22 Desember mendatang.

 Editor : Kholistiono