Ada Kampung Iklim di Kudus yang Bikin Bangga

Warga berada di Kampung Iklim di Dusun Kauman, Bae, Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Warga berada di Kampung Iklim di Dusun Kauman, Bae, Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 
MuriaNewsCom, Kudus – Kudus ikut berpartisipasi dalam ajang perlombaan tingkat nasional yang bertajuk Kampung Iklim. Meski tidak ada persiapan khusus yang dilakukan, namun ada perwakilan dari Kudus yang mampu lolos di tingkat Nasional.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup Heru Subiyantoko mengatakan, perlombaan tersebut merupakan perlombaan di 2016. Sedangkan kampung yang dipilih adalah Dusun Kauman, Desa Ngembal Rejo, Kecamatan Bae.

“Kami memilih dusun tersebut karena sudah siap. Dibandingkan daerah lain, belum ada yang siap. Terbukti, dusun itu mampu lolos ke tingkat nasional, dalam perlombaan ini,” katanya kepada MuriaNewsCom, Jumat (29/7/2016).

Menurutnya, sebelum Dusun Kauman, lokasi lain yang sedang menjadi sasaran adalah Desa Wonosoco, Undaan dan Desa Tumpang Krasak. Namun kedua desa tersebut dianggap belum siap.

Kampung Iklim, merupakan kampung yang minimal satu RW atau satu dusun yang kompak dalam perubahan iklim. Kesadaran masyarakat sangat dibutuhkan dalam menyikapi iklim yang semakin berubah ini.

“Jadi adaptasi masyarakat sangat penting, terlebih lagi untuk wilayah yang rawan bencana, bagaimana bisa menghadapinya dan mempersiapkan,” imbuhnya

Menurutnya, pihak pemkab terus mendorong terbentuknya Kampung Iklim. Tidak hanya satu desa saja, melainkan desa lainnya juga didorong ke sana.

Editor : Akrom Hazami