LMDH juga Diajak Pantau Hutan Selama Musim Kemarau

f-kebakaran

MuriaNewsCom, Rembang – Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dan Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dintanhut) Rembang bakal memantau secara intens kawasan hutan yang ada di wilayah setempat. Dalam hal ini, mereka juga mengajak Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) untuk ikut serta berpartisipasi dalam memantau hutan.

Kepala Bidang Kehutanan pada Dintanhut Rembang Prasetyo mengatakan, setidaknya ada 84 desa di Rembang geografisnya berada di dekat kawasan hutan. “Dari 84 desa ini tergabung dalam LMDH. Diantaranya untuk KPH Mantingan ada sebanyak 40 desa dan KPH Kebunharjo ada sekitar 44 desa,” katanya.

Dalam hal ini, LMDH akan dilibatkan untuk ikut menjaga dan mengantisipasi adanya kebakaran hutan. Untuk itu, pihaknya bakal melakukan koordinasi. “Dengan kerjasama dari semua pihak, kita harapkan ada informasi yang cepat terkait pengawasan hutan ini,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada warga untuk lebih berhati-hati dalam menyalakan api atau membuang puntung rokok, di sembarang tempat, apalagi pada saat kemarau. Karena, dikhawatirkan bisa menimbulkan kebakaran.

Editor : Kholistiono