PDI Perjuangan Preteli Jabatan Agus Imakudin

 

Politisi PDIP Agus Imakudin. (Facebook)

Politisi PDIP Agus Imakudin. (Facebook)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Penangkapan Ketua Komisi C DPRD Kudus Agus Imakudin, oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jateng, karena penyalahgunaan narkoba membuat partai pengusungnya, PDI Perjuangan berang.

Partai berlambang banteng moncong putih itu, akan segera mempreteli seluruh jabatan yang melekat pada Agus Imakudin

Tak hanya bakal dicopot dari jabatannya sebagai ketua komisi, Udin juga bakal dicopot dari keanggotaan dewan dan struktur partai. Hal ini ditegaskan Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Bambang Wuryanto, kepada MuriaNewsCom, Rabu (27/7/2016).

“Peraturan di partai kami jelas. Siapapun, baik anggota maupun pimpinan, jika terlibat urusan narkoba akan dilepas keanggotaanya. Tak ada kata meskipun atau apa,” katanya.

Meskipun yang dimaksud Bambang merujuk keputusan BNN Provinsi Jateng, yang menganggap Agus Imakudin sebagai pengguna, dan akan dilakukan rehabilitasi. Menurut dia, partainya tak menoleransi anggota yang terlibat dalam penyalahgunaan barang haram tersebut.

Ia menyebut, dengan dilepas keanggotaanya sebagai anggota partai, maka Agus Imakudin tak berhak lagi menyandang status sebagai anggota dewan. Dalam waktu dekat PDI Perjuangan akan memroses pemberhentian Agus Imakudin tersebut.

“Kata halusnya dilepas keanggotannya. Jadi bukan anggota partai lagi. Jika bukan anggota partai, maka tidak bisa mewakili partai di legislatif, dan tidak bisa berada di struktur partai,” terang anggota DPR RI ini.

Menurut dia, pergantian antar waktu (PAW) untuk Agus Imakudin ini akan dilakukan sesuai aturan undang-undang yang berlaku. DPC PDI Perjuangan Kudus akan mengusulkan pergantian kepada KPU dan pemberitahuan kepada pimpinan dewan.

Namun Bambang belum mau menjelaskan siapa yang akan ditunjuk untuk menggantikan posisi Agus Imakudin. Jika sesuai aturan yang berlaku, lanjut dia, maka calon anggota legislatif (caleg) dengan perolehan suara terbanyak di bawah Agus Imakudin di Pileg 2014 lalu, berpeluang diangkat sebagai anggota dewan.

Pernyataan Bambang Wuryanto ini mendasarkan dari keterangan BNN Provinsi Jateng, yang menyebut Agus Imakudin terbukti terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Agus Imakudin, terbukti mengkonsumsi dan memilik sabu.

Editor : Akrom Hazami