7 Pemuda Asal Pati Dilantik Jokowi sebagai Perwira Remaja TNI-Polri

 Sejumlah perwira remaja asal Pati berfoto bersama. (Dok. Kodim 0718/Pati)


Sejumlah perwira remaja asal Pati berfoto bersama. (Dok. Kodim 0718/Pati)

MuriaNewsCom, Pati – Sebanyak tujuh pemuda asal Pati dilantik Presiden Joko Widodo bersama dengan 720 orang perwira remaja (Paja) TNI-Polri lainnya di Lapangan Sapta Marga kompleks Akademi Militer Magelang, Selasa (26/7/2016). Mereka dilantik dalam upacara Prasetya Perwira Remaja (Praspa) 2016.

Ketujuh Paja asal Pati yang dilantik, di antaranya Sony Ponco Patrio (24) asal Bumiharjo, Winong, Ery Setyawan (23) asal Purworejo, Margorejo, Muhammad Amirudin (23) asal Ngepungrojo, Pati, Ryan Mitha Pangesty asal Sinomwidodo, Tambakromo, Nanang Novianto asal Mojomulyo, Tambakromo, dan Ahmad Yulia Arifin asal Pucakwangi. Satu orang lulus TNI AU, empat orang lulus TNI AD, dan dua orang lulus dari Akpol.

“Kami bangga ada pemuda Pati yang dikukuhkan sebagai Perwira Remaja TNI-Polri. Kami berharap mereka bisa menjadi generasi penerus bangsa yang baik dengan menyebarkan semangat nasionalisme yang didapatkan dari pendidikan,” kata Dandim 0718/Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusuma.

Selama empat tahun, mereka ditempa dalam pendidikan, baik fisik, akademik, maupun kepribadian. Mereka tidak hanya dituntut cakap secara akademik, tetapi juga pelajaran militer.

“Taruna harus punya fisik yang prima dan handal, karena ke depan diharapkan menjadi seorang pemimpin dengan dinamika yang tinggi. Tak hanya fisik, mereka juga digembleng agar punya sikap dan kepribadian yang baik, seperti aspek kejujuran, semangat juang, dan selalu menjaga penampilan dengan rapi,” imbuhnya.

Ketiga aspek yang harus dimiliki seorang perwira remaja TNI-Polri itu disebut sebagai Tripola Dasar. Kecakapan yang ada dalam “tripola dasar” itu harus dimiliki dalam seorang perwira remaja, termasuk tujuh pemuda asal Pati yang baru saja dilantik orang nomor satu di RI, Joko Widodo.

Editor : Kholistiono