Ratusan Kelompok Tani di Rembang Dapat Bantuan Alsintan

 Puluhan handtractor siap diserahkan ke kelompok tani yang ada di Rembang (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)


Puluhan handtractor siap diserahkan ke kelompok tani yang ada di Rembang (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Pemerintah Daerah (Pemda) Rembang melalui Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dintanhut) Rembang, tahun ini memberikan bantuan kepada ratusan kelompok tani berupa alat mesin pertanian (Alsintan).

Kasi Usaha Tanaman Pangan dan Holtikultura pada Dintanhut Rembang Ika H Affandi mengatakan, setidaknya, untuk 2016 ini, ada 285 unit Alsintan yang diserahkan ke kelompok tani. “Untuk 2016, kelompok tani di Rembang yang terima bantuan Alsintan ada sekitar 300 an. Mereka ini yang sudah terdaftar di Pemda Rembang,” ujarnya.

Menurutnya, bantuan alat mesin pertanian tersebut bersumber dari dana APBD dan APBN. Rinciannya, traktor roda dua sebanyak 55 unit, traktor roda empat 5 unit, pompa air 55 unit, alat penyiang rumput (cultivator) 14 unit dan alat pemanen padi (combine harvester) 7 unit. Bantuan tersebut berasal dari APBD dengan alokasi Rp 3 miliar.

Sementara itu, bantuan alat mesin pertanian yang bersumber dari APBN terdiri dari transplanter 20 unit, alat pemipil jagung (corn sheller) sebanyak 19 unit, traktor roda dua ada 68 unit, alat perontok padi (power thresher) 40 unit dan traktor roda empat ada 2 unit.“Bantuan alat mesin pertanian ini sudah diserahkan sejal Januari 2016 lalu,” ungkapnya.

Editor : Kholistiono