Pengolahan Sampahnya Oke,  Kelurahan Panggang Jepara jadi Desa Percontohan di Jateng

wagub 1

Wagub Jateng Heru Sudjatmoko saat melakukan kunjungan di Kelurahan Panggang, Kecamatan Kota, Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Salah satu kelurahan yang ada di Kabupaten Jepara terjadi mendapatkan apresiasi dari Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko.

Kelurahan itu adalah Panggang. Tepatnya di Kecamatan Jepara. Wagub juga datang bersama rombongan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Ketua DPD PPNI  Jawa Tengah Edi Wuryanto mengatakan, Kelurahan Panggang ini merupakan Role Model atau percontohan yang sangat bagus. Karena adanya pengelolaan sampah yang sudah baik, dan sudah dilakukan masyarakat sendiri.

Dampaknya, kesehatan masyarakat bisa terjaga usai sampah dikelola secara baik. Selain itu juga berdampak pada hidupnya sektor yang lain.

“Kelurahan Panggang ini masyarakatnya bisa menjaga kesehatannya dengan baik. Sehingga demam berdarah, diare sangat minim dikarenakan dalam penanganan kesehatanya bagus,” katanya, Minggu (24/7/2016)

Menurutnya, dengan adanya Kelurahan Panggang sebagai Desa Sehat Mandiri nantinya dapat sebagai percontohan bagi desa-desa di Jawa Tengah.  Itu juga didukung upaya ddari Dinas Kesehatan bersama para perawat di Kabupaten Jepara, dalam menjaga kesehatan warga.

Seperti mulai pengasapan, DBD, dan pemantauan jentik.  Kesemua ini merupakan basis pelayanan kesehatan yang ada di keluarga dan di komunitas.

Sementara itu Wagub Heru dalam dialognya dengan warga Kelurahan Panggang mengaku senang dan bangga atas apa yang dilakuk masyarakat. Menurutnya, yang paling penting seluruh warga berupaya bersama agar tidak sampai jatuh sakit dan paling tidak, tidak mudah jatuh sakit dengan cara menjaga kesehatan.

Perilaku yang sehat antara lain menjaga kebersihan lingkungan, makanannya dan seterusnya. Sekarang ada gerakan cuci tangan dengan sabun sebelum makan hal ini bertujuan agar tidak adanya penularan penyakit, terutama untuk penyakit-penyakit menular. “Dan ini harus terus diupayakan, digerakan, disuluhkan,” kata Heru.

Wakil Gubernur Jawa Tengah hadir di Jepara dalam rangkaian acara yang digelar oleh PPNI mulai 22 hingga 24 Juli 2016. Acara tersebut adalah seminar sekaligus raker PPNI Jawa Tengah. Dalam beberapa kesempatan, Wagub mengunjugi beberapa tempat, salah satunya Kelurahan Panggang, Kota, Jepara.

Dia melihat secara langsung tempat pengelolahan sampah, baik organik dan nonorganik. Selain itu melihat hasil kerajinan tangan yang terbuat dari limbah sampah yang bisa dibuat menjadi suvenir.

Editor : Akrom Hazami