Fakta Penghargaaan Adipura Buana untuk Pati yang Tidak Kamu Ketahui

 Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Sukoharjo, Margorejo yang menggunakan sistem sanitary landfield. (MuriaNewsCom/Lismanto)


Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Sukoharjo, Margorejo yang menggunakan sistem sanitary landfield. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Publik mungkin bertanya-tanya, apa alasan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) RI memberikan sebuah anugerah berupa Adipura Buana? Padahal, tidak semua kota kecil di Indonesia bisa meraihnya.

Adipura Buana merupakan penghargaan untuk daerah atau kota yang pemerintahannya dinilai berhasil menggabungkan unsur lingkungan dan sosial dalam membentuk kota laik huni. Dengan menerjunkan tim penilai secara sembunyi-sembunyi, Pati akhirnya ditetapkan laik menerima Adipura Buana.

Fakta yang belum banyak diketahui publik, antara lain soal Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Desa Sukoharjo, Kecamatan Margorejo yang saat ini dikembangkan sebagai destinasi wisata baru. Tempat yang acapkali dijadikan studi banding kota-kota dari berbagai daerah itu menyumbang poin besar hingga mengantarkan Pati meraih Adipura berkali-kali.

Kendati TPA, tetapi di sana dilengkapi dengan kebun binatang mini. Ada beragam hewan yang menarik di sana, seperti kera, kijang, burung, dan lain sebagainya. Pohon yang rindang dan sistem pengolahan sampah mutakhir “sanitary landfield” adalah beberapa poin plus yang membuat Pati mendapatkan Adipura.

“Secara spesifik, TPA di Sukoharjo yang mewakili Pati dianggap bisa menggabungkan unsur lingkungan dan sosial yang membentuk kota laik huni. Tak hanya TPA, berbagai tempat di wilayah Pati Kota juga sudah disurvei tim penilai dan hasilnya cukup memuaskan,” ungkap Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pati Purwadi, Senin (25/7/2016).

Hebatnya, TPA di Sukoharjo berhasil memanfaatkan sampah busuk menjadi gas metan yang bisa digunakan untuk kompor gas dan energi listrik. Saat ini, sedikitnya ada 40 sambungan gas metan dari TPA Sukoharjo yang disambungkan ke rumah-rumah warga.

Sistem TPA yang mutakhir itulah yang selama ini menyumbang poin besar bagi Pati untuk mendapatkan penghargaan Adipura. Bahkan, penghargaan Adipura Kencana pernah diraihnya beberapa tahun yang lalu.

Editor : Kholistiono