Diputarkan Film soal Cukai, Warga Kedungsari Semangat

iklan cukai-film-kedungsari

Warga Desa Kedungsari, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, menyaksikan pemutaran film mengenai sosialisasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), dengan duduk lesehan di lapangan tempat digelarnya pemutaran film, pada Selasa (19/7/2016) malam.

 

MuriaNewsCom, Kudus – Suasana malam di lapangan Desa Kedungsari, Kecamatan Gebog, Kudus, terlihat semarak pada Selasa (19/7/2016). Pasalnya, malam itu digelar pemutaran film sosialisasi aturan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) di lokasi tersebut.

Tidak kebagian tempat duduk, banyak yang rela duduk di rumput untuk melihat film tersebut. Mereka menyaksikan setiap film yang diputar, yang isinya adalah soal aturan mengenai penggunaan dana cukai yang diterima Kabupaten Kudus.

Bukan hanya menikmati film saja yang diputar, melainkan juga warga menyaksikan hiburan yang ditampilkan dalam kesempatan itu. Sehingga suasana menjadi semakin semarak.

Suasana layaknya menonton layar tancap inilah yang kemudian disukai warga. Mereka antusias, karena merasa sudah lama tidak pernah menyaksikan pemutaran film di lapangan terbuka seperti itu.

”Filmnya juga enak dilihat. Isinya memang soal bagaimana Kudus mendapatkan cukai dari pemerintah pusat. Tapi, filmnya lucu-lucu kemasannya. Saya suka saja melihatnya. Menghibur,” kata Ani, salah seorang warga setempat.

Ya, ada kurang lebih 9 film sosialisasi soal cukai yang diputar di sana. Ceritanya memang dikemas dengan menghibur, sehingga sosialisasi itu bisa dipahami warga.

Sosialisasi dana cukai ini digelar Bagian Humas Setda Kudus. Tujuannya adalah membuat warga bisa memahami bagaimana dana cukai yang diterima Kudus itu, digunakan.

Desa Kedungsari adalah satu dari sekian banyak desa yang dikunjungi dalam pemutaran film ini. Nantinya, sosialisasi ini akan digelar di sejumlah desa lain, yang memang merupakan target pemutaran film.

Kegiatan yang digelar ini, dengan berlandaskan Peratuan Menteri Keuangan Nomor 84/PMK 07/2008 tentang Penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau dan Sanksi atas Penyalahgunaan Alokasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau dan Peraturan Bupati Kudus Nomor 32 Tahun 2013 tentang Pedoman Pengelolaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau di Kabupaten Kudus.

Kepala Bagian (Kabag) Humas Setda Kudus Putut Winarno mengatakan, sosialisasi keliling pemutaran film ini, memang sangat penting. ”Ditambah lagi, kehadiran warga di sana, adalah sebagai bagian utama dari pemutaran film tersebut. Karena warga bisa melihat bagaimana dana cukai itu berasal, maupun digunakan,” terangnya.

Setelah Desa Kedungsari, kegiatan serupa juga akan digelar di Desa Tergo (Dawe) pada 21 Juli 2016, Desa Gribig (Kaliwungu) pada 23 Juli 2016, dan Desa Besito (Gebog) pada 27 Juli 2016. Kemudian Desa Kirig (Mejobo) pada 30 Juli 2016, Desa Pladen (Jekulo) pada 6 Agustus 2016, dan Desa Honggosoco (Jekulo) yang belum ditentukan tanggalnya.  (HMS/SOS/CUK)

Editor: Merie