PMI Rembang Targetkan 12 Ribu Warga Sadar Donor Darah

Warga sedang mendonorkan darah beberapa waktu lalu (MuriaNewsCom)

Warga sedang mendonorkan darah beberapa waktu lalu (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Rembang – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Rembang terus gencar mensosialisasikan sadar donor darah terhadap warga.  Sosialisasi tersebut dilakukan di berbagai instansi pemerintah maupun swasta.

Bagian Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Rembang Ervin mengatakan, dengan adanya sosialisasi tersebut, diharapkan dapat menambah jumlah pendonor darah sukarela. “Untuk tahun 2015 lalu, setiap bulannya kita hanya mendapatkan sekitar 900-an pendonor. Tahun ini, kita harapkan bisa mencapai seribu pendonor setiap bulannya bahkan bisa lebih,” katanya.

Menurutnya, secara keseluruhan, untuk tahun 2015, pihaknya mendapatkan lebih dari 10 ribu pendonor. Sedangkan di tahun 2016 ini, selama Januari hingga Juni 2016, pihaknya sudah mendapatkan sekitar 7.200 pendonor. Selain itu jenis darah yang didonorkan juga relatif seimbang jumlahnya. Baik itu A, B, maupun O.

Ia juga katakan, untuk darah yang paling banyak dibutuhkan selama ini yakni golongan darah A dan B. “Biasanya golongan darah A dan B ini dibutuhkan orang yang usai melahirkan, operasi, penyakit dalam dan sebagainya,” imbuhnya.

Editor : Kholistiono