Antisipasi Terorisme, Polres Rembang Gelar Latihan Road Blocker for Police

 

Latihan penggunaan Road Blocker for Police  yang digelar di Mapolres Rembang (Dok Humas Polres Rembang)

Latihan penggunaan Road Blocker for Police yang digelar di Mapolres Rembang (Dok Humas Polres Rembang)

 

MuriaNewsCom, Rembang – Untuk menghadapi aksi kejahatan dan antisipasi aksi terorisme, Polres Rembang menggelar latihan penggunaan Road Blocker for Police, yakni alat pengamanan markas. Alat ini digunakan sebagai barikade oleh aparat keamanan dalam rangka kondisi darurat.

Sosialisasi dan pelatihan penggunaan Road Blocker for Police yang diberikan kepada anggota Sat Sabhara Polres Rembang, tersebut berlangsung pada Sabtu (16/7/2016). Latihan ini dilakukan, guna mengukur tingkat kecepatan, kepekaan, kesiapsiagaan, serta ketanggapan personel Polres Rembang kususnya Sat Sabhara, apabila terjadi suatu tindak kejahatan di wilayah hukum Polres Rembang, terutama tindak kejahatan yang melarikan diri dengan menggunakan kendaraan.

“Tugas Sat Sabhara memang tak lepas dari patroli, penjagaan , pengamanan hingga tim reaksi cepat urai massa. Bukan hanya itu saja, diharapkan juga sebagai pasukan terdepan untuk mengatasi bentuk tindakan kejahatan,” ujar Kapolres Rembang AKBP Sugiarto.

Menurutnya, penggunaan alat Road Blocker for Police yang dilatihkan hari ini, untuk mengantisipasi apabila terjadi kontijensi dan perlu adanya penghadangan terhadap pelaku kejahatan yang menggunakan kendaraan. Road Bloker, katanya, adalah peralatan taktis yang didesign menyerupai paku dengan berjajar rapat, sehingga apabila dilewati kendaraan, maka ban roda akan kehilangan udara dan kempes yang mengakibatkan menghambat laju kendaraan hingga berhenti.

”Ini sebagai bukti kita sebagai polisi harus siap menghadapi kondisi apa pun. Menjaga keselamatan masyarakat dan keamanan negara dari ancaman teroris itu adalah lebih penting yang harus dilakukan seorang polisi,” ungkapnya.

 

Editor : Kholistiono