Anggota Satpol PP Grobogan ‘Ngantor’ di Trotoar

Anggota Satpol PP Grobogan bersiaga di ruas trotoar untuk mencegah adanya PKL yang berjualan pada pagi hari (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Anggota Satpol PP Grobogan bersiaga di ruas trotoar untuk mencegah adanya PKL yang berjualan pada pagi hari (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Ada pemandangan tak biasa di trotoar di Jl R Suprapto Purwodadi, Sabtu (16/7/2016). Ini terkait adanya sejumlah anggota Satpol PP yang stand by di trotoar yang ada di sebelah barat Rutan Purwodadi. Beberapa anggota Satpol PP ada yang duduk di sebuah kursi kayu panjang. Beberapa orang lainnya, ada di atas kendaraan operasional.

Kepala  Satpol PP Grobogan Hadi Widoyoko ketika dikonfirmasi menyatakan, hal itu dilakukan untuk mencegah para PKL berjualan di luar waktu yang ditentukan. Dalam hal ini, pihaknya memang sengaja menempatkan anggotanya di situ. Tujuannya, untuk memastikan tidak ada lagi PKL yang berjualan pada pagi hari.

Menurutnya, sejumlah anggota Satpol PP ditempatkan di situ dari pagi hingga pukul 12.30 WIB. Dalam seminggu, dijadwalkan siaga selama tiga hari. ”Tindakan ini merupakan rangkaian dari razia terhadap PKL yang kita lakukan beberapa hari lalu. Anggota kita siagakan selama tiga hari dalam seminggu, dari pagi sampai tengah hari. Jadi pengawasan ini tidak hanya sehari saja tetapi berkelanjutan. Tujuannya, agar para PKL tertib dan mematuhi aturan,” tegasnya.

Hadi menegaskan, keberadaan para PKL di pagi hari dinilai cukup mengganggu kenyamanan. Sebab, mereka berdagang di depan toko, trotoar dan badan jalan yang mengganggu pengguna jalan dan mengurangi areal parkir kendaraan. “Para PKL ini masih kita beri kesempatan untuk jualan. Hanya saja, jualannya mulai pukul 16.00 WIB. Kami minta para PKL mematuhi aturan ini,” tegasnya.

Ditambahkan, para PKL yang terkena razia itu sudah dikasih pembinaan dan diminta untuk membuat surat pernyataan. Selanjutnya, para PKL juga diminta membuat paguyuban supaya bisa saling koordinasi dan mengingatkan.

Editor : Kholistiono