Polwan Cantik Ini Rela Punguti Sampah di Objek Wisata Karang Jahe Rembang

Polwan sedang memunguti sampah yang berserakan di objek wisata Karang Jahe Rembang (Dok. Humas Polres Rembang)

Polwan sedang memunguti sampah yang berserakan di objek wisata Karang Jahe Rembang (Dok. Humas Polres Rembang)

MuriaNewsCom, Rembang – Beberapa personel polisi wanita (polwan) terlihat memunguti sampah yang berserakan di kawasan wisata Karang Jahe Rembang. Mereka rela berpanas-panasan dan tak peduli tangan kotor.

Kapolres Rembang AKBP Suigarto menyampaikan, hal tersebut merupakan salah satu bentuk revolusi mental. Apalagi, Polri sebagai pelopor tertib sosial di ruang publik , harus bisa memberi contoh kepada masyarakat.

“Dalam rangka merevolusi mental anggota, salah satunya dengan menerapkan program gerakan pungut sampah (GPS). Gerakan ini harus tertanam di jiwa para anggota Polres Rembang . Apabila anggota melihat , menemukan sampah, baik berupa apapun seperti, plastik, puntung rokok ataupun dedaunan yang kering diharuskan memungutnya dan kemudian memasukannya ke ke ranjang sampah,” ujar Kapolres.

Apalagi menurutnya, objek wisata pantai di Rembang saat libur panjang Lebaran tahunh ini , terdapat puluhan ribu pengunjung yang datang. Hal ini, katanya, berdampak terhadap adanya sampah yang berserakan di mana – mana .

“Untuk itu, kita berikan contoh kepada masyarakat untuk gerakan pungut sampah ini.  Program GPS ini, diharapkan akan membawa perubahan-perubahan pada diri anggota, yaitu untuk lebih tertib, bersih dan disiplin. Anggota yang semula acuh pada keadaan sekitar, perlahan akan menjadi peduli akan kondisi di sekitarnya,” ungkapnya.

Pihaknya selalu menekankan kepada anggota untuk peduli terhadap lingkungan sekitarnya. “Sesama anggota harus bisa saling mengingatkan. Melalui gerakan pungut sampah ini, akan menumbuhkan sikap disiplin anggota dan kepekaannya terhadap apa yang ada di sekitar,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono