Koperasi di Rembang Alami Pertumbuhan Pesat

Bupati Rembang Abdul Hafidz memberikan bantuan pada acara Peringatan Hari Koperasi (Dok Humas Pemkab Rembang)

Bupati Rembang Abdul Hafidz memberikan bantuan pada acara Peringatan Hari Koperasi (Dok Humas Pemkab Rembang)

MuriaNewsCom, Rembang – Perkembangan koperasi di Kabupaten Rembang mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal in terlihat dari jumlah koperasi yang terus bertambah. Tahun 2015 lalu, jumlah koperasi di Rembang sebanyak 467 dengan jumlah UMKM 33.900. Untuk tahun 2016 ini, jumlah tersebut bertambah, yakni 570 dengan jumlah UMKM sebanyak 43.013.

Bupati Rembang Abdul Hafidz mengatakan,  pemerintah terus mendukung berdirinya koperasi, khususnya bagi koperasi yang berlokasi di perdesaan.Sebab, untuk mengembangkan usaha agribisnis skala kecil, perlu dibentuk koperasi. Katanya, tanpa koperasi, tidak mungkin agribisnis kecil dapat berkembang.

“Pemerintah juga memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat di perdesaan maupun perkotaan, untuk mengembangkan koperasi, di antaranya melalui fasilitasi permodalan, pelatihan teknis dan manajemen,” ujar Abdul Hafidz.

Menurutnya, dengan semakin meningkatnya pertumbuhan koperasi di Rembang, menunjukkan bahwa gerakan koperasi telah dapat memberikan kontribusi yang baik bagi perekonomian di Kabupaten Rembang.

Ia menambahkan, pemerintah juga melakukan berbagai upaya agar pertumbuhan secara kuantitatif disertai dengan pertumbuhan secara kualitatif dan berkualitas. Karena penguasaan business plan yang baik, manajemen pengelolaan yang profesional, memperkuat kelembagaan dan organisasi koperasi, sangat penting demi terciptanya koperasi yang handal dan dapat menjadi penopang perekonomian rakyat Indonesia, terlebih dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Editor : Kholistiono