Sampah Berserakan Kotori Objek Wisata Pantai di Jepara

sampah e

Wisatawan tampak mengunjungi salah satu objek wisata pantai di Jepara yang penuh sampah. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Selama libur Lebaran, beberapa tempat wisata pantai di Kabupaten Jepara dipenuhi pengunjung. Akibat wisatawan banyak yang membawa makanan dan minuman, kebersihan di kawasan tempat wisata tak mampu dikontrol. Sampah banyak berserakan di sejumlah sudut.

Menanggapi hal itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara menjamin kondisi bersih akan terjadi mulai pekan depan. Sebab, sampai saat ini dan diprediksi sampai akhir pekan ini pengunjung terus membanjiri tempat wisata.

“Banyak pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Objek wisata pantai dimungkinkan kembali bersih setelah pekan ini selesai, ya mulai pekan depan,” ujar Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara Zamroni, Kamis (14/7/2016).

Dia menjelaskan, objek wisata pantai akan kembali bersih seperti semula pada Senin pekan depan. Pedagang musiman masih diberi kesempatan berjualan di area objek wisata di sisa hari pekan ini.

“Termasuk kebersihan sampah sudah kami koordinasikan dengan Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Kebersihan. Petugas kebersihan juga kami tambah,” terangnya.

Dalam laporan yang diterima Pemkab Jepara jumlah wisatawan yang berkunjung menurun dibanding tahun lalu. Penurunan kunjungan wisatawan terjadi di objek wisata Pantai Kartini, Pantai Bandengan, dan Pantai Benteng Portugis. Paling nampak penurunannya di obejk wisata Pantai Bandengan.

Pada perayaan Pekan Syawalan biasanya terjadi lonjakan pengunjung di setiap objek wisata. Dalam sehari, mampu menarik 3.000 wisatawan. Tak pelak, momentum ini kerap dijadikan andalan untuk menarik Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata.

 Editor : Akrom Hazami