Ribuan Alumni Qudsiyyah Kudus Ikuti Halalbihalal Berbalut Baju Adat

Ribuan anggota Ikatan Almuni Qudsiyyah mengikuti acara halalbihalal (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Ribuan anggota Ikatan Almuni Qudsiyyah mengikuti acara halalbihalal (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Kudus – Sedikitnya ada 3.500 anggota Ikatan Alumni Qudsiyyah (IKAQ) dari berbagai wilayah mengikuti acara halalbihalal di Joglo Gedung Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3SK) yang berada di Jalan Sunan Kudus 194 Kauman Kudus, pada Senin (11/7/2016) malam.

Ketua Panita Halalbihalal IKAQ Chasaan Albab mengutarakan, untuk mensukseskan acara tersebut, pihaknya telah menyebar undangan lebih dari 3.500 undangan ke anggota IKAQ yang ada di berbagai wilayah.”Baik mulai dari wilayah Kudus, Jepara, Semarang, Demak, Yogyakarta dan Jabotabek,” ungkapnya.

Ia katakan, halalbihalal rutin digelar setiap tahun sekali. Namun, untuk tahun ini pelaksanaannya berbeda dengan tahun sebelumnya, yang digelar di Gedung Madrasah Qudsiyyah.“Berhubung tahun ini bertepatan dengan usia Qudsiyyah yang menginjak 1 abad, maka kita gelar secara berbeda,” paparnya.

Menurutnya, melalui halalbihalal tersebut, pihaknya juga ingin memasyarakatkan ajaran pendiri Qudsiyyah, yakni KHR Asnawi, yakni tentang kesederhanaan. Untuk itu, tema berpakaian dalam acara ini juga menggunakan pakaian adat Kasunanan.

“Kita memakai pakaian kasunanan dengan mengunakan ikat kepala, baju muslim dan sarung batik ini, untuk melambangkan kesederhanaan. Selain itu, pakaian tersebut juga memiliki arti tidak membeda-bedakan antara kasta satu dengan lainnya. Sebab kita semuanya sama, yakni menjadi  hamba Allah,” imbuhnya.

 

Editor : Kholistiono