Forkopimda Pati Guyub Rukun Adakan Pasar Murah Jelang Lebaran

iklan

Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pati tampak guyub rukun ikut bakti sosial pasar murah di Kantor Kecamatan Batangan. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Pemkab Pati melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pati bekerja sama dengan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Pati dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar bakti sosial pasar murah di Halaman Kantor Kecamatan Batangan, Jumat (1/7/2016).

Kegiatan yang bertujuan membantu masyarakat kurang mampu di tengah kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang Lebaran tersebut, dihelat dua hari, sejak Kamis (30/6/2016) kemarin.

Bupati Pati Haryanto, Kapolres Pati AKBP Ari Wibowo, Dandim 0718/Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusuma, dan Kajari Pati Kusnin antusias melayani masyarakat yang ingin membeli beragam sembako yang dijual di pasar murah.

“Pemkab Pati ingin meringankan beban hidup masyarakat kurang mampu akibat dampak kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang Lebaran. Di sini, warga bisa membeli kebutuhan pokok dengan harga yang lebih murah ketimbang harga di pasaran,” ujar Kepala Disperindag Pati Riyoso.

Tak hanya itu, pasar murah diharapkan bisa memperlancar distribusi barang kebutuhan pokok dengan harga yang lebih terjangkau. Berbagai kebutuhan pokok yang dijual di pasar murah, di antaranya beras, gula pasir, minyak goreng, mi instan, kecap, dan sirup.

Untuk membeli dua liter minyak goreng, warga cukup bayar Rp 20 ribu, kecap Rp 15 ribu per bungkus, gula pasir Rp 13,5 ribu per kilogram, sirup Rp 12,5 ribu per botol, dan mi goreng Rp 8 ribu per lima bungkus. Kendati tidak terlalu signifikan, tetapi harga tersebut berada di bawah harga umum di pasaran.

Dalam pelaksanaan pasar murah, sejumlah ibu-ibu yang tergabung dalam Persatuan Istri Tentara (Persit) dan organisasi istri polisi Bhayangkari juga dilibatkan. Mereka tampak guyub bersama Tim Penggerak PKK dalam melaksanakan bakti sosial pasar murah.

“PKK biasanya setiap tahun menggelar bakti sosial sendirian. Kalau suaminya yang tergabung dalam Forkopimda saja sekarang makin guyub, ibu-ibunya pasti juga lebih kompak dalam menggelar kegiatan bersama yang manfaatnya bisa lebih luas dirasakan masyarakat,” ujar Bupati Pati Haryanto, saat membuka pasar murah dalam rangka bakti sosial Menyambut Idul Fitri 1437 H.

Bupati mengatakan, acara bakti sosial berupa pasar murah memang banyak digelar di luar Kecamatan Pati Kota. Hal itu diharapkan bisa membantu masyarakat kurang mampu di berbagai pelosok desa, seperti di Kecamatan Batangan yang saat ini digelar.

Karena itu, ia mengimbau agar paket sembako murah ini dikawal supaya tepat sasaran. “Kan, tidak lucu kalau misalnya PNS juga ikut berebut beli sembako murah di sini,” ungkapnya.

Selain mengupayakan pasar murah, Bupati juga mendukung program pemerintah pusat dalam memantau harga kebutuhan  pokok  menjelang lebaran. “Kita sudah membentuk tim khusus untuk memantau pergerakan harga kebutuhan pokok di Kabupaten Pati,” pungkasnya.

Editor : Akrom Hazami