Longsor di Desa Ronggo Pati, TNI Terus Bantu Rumah Rusak

 Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusuma (paling kanan) beserta dengan pasukannya meninjau lokasi longsor di Desa Ronggo, Jaken, Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusuma (paling kanan) beserta dengan pasukannya meninjau lokasi longsor di Desa Ronggo, Jaken, Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Dua rumah di Desa Ronggo, Kecamatan Jaken, Pati mengalami rusak berat akibat longsor yang terjadi pada Selasa (31/5/2016).

Tidak ada korban jiwa dalam tragedi tersebut. Namun, kerugian material akibat kerusakan rumah diperkirakan mencapai Rp 130 juta.

Danramil Jaken Kapten Supomo mengatakan, satu rumah milik Tarno (50) mengalami rusak berat karena tertimpa longsoran tebing pada bagian atas. Kerugian material yang diderita Tarno diperkirakan Rp 75 juta.

“Satu rumah lainnya, milik Ratmin (35) dengan kondisi rumah rusak dan miring karena talut tanah pondasi rumah mengalami longsor sehingga rumah rawan roboh. Kerugiannya diperkirakan mencapai Rp 55 juta,” kata Supomo.

Puluhan personel prajurit TNI dikerahkan untuk mengevakuasi rumah yang roboh. Sedikitnya ada 16 anggota Koramil Jaken diterjunkan, kemudian ditambah satu pleton anggota Kodim atas instruksi Dandim 0718/Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusuma.

“Prajurit yang kami kerahkan untuk melokalisasi tempat bencana dan mengevakuasi barang milik warga yang masih bisa diselamatkan. 16 personel dari Koramil Jakenan sepertinya masih kurang, sehingga kami tambah satu pleton berjumlah 25 personil untuk membantu evakuasi,” ujar Letkol Inf Andri di sela-sela meninjau lokasi longsor.

Ia mengimbau kepada warga untuk selalu berhati-hati dan selalu mengecek talut bila sudah terlihat tidak kuat. Sebab, musim penghujan dengan intensitas hujan yang cukup tinggi perlu diwaspadai karena bisa menyebabkan erosi tanah.

Editor : Akrom Hazami