Ini Jumlah Kantong Kresek yang Dibutuhkan untuk Buat Lukisan Gus Dur dan Gus Mus

lukisan gusdur 1 e

Lukisan Gus Dur yang terbuat dari kantong plastik di Rembang. (MuriaNewsCom/Kholistiono)

 

MuriaNewsCom, Rembang – Untuk membuat lukisan Gus Dur dan Gus Mus yang terbuat dari kantong kresek, Ja’far Labib harus mengumpulkan banyak kantong kresek. Lalu, sampai berapa banyak kantong yang dibutuhkan untuk bisa membuat lukisan tersebut?

Yup, untuk membuat lukisan Gus Dur maupun Gus Mus, ternyata membutuhkan kantong kresek hingga 170 buah. Jumlah tersebut, untuk masing-masing lukisan berbeda. Untuk Lukisan Gus Dur jumlahnya mencapai 100 kantong, dan Gus Mus jumlahnya 70 kantong kresek.

“Ini karena ukuran lukisan tersebut berbeda. Untuk lukisan Gus Dur lebih besar yakni 30 X 40 senti meter. Sedangkan untuk lukisan Gus Mus ukurannya 24 X 30 senti meter. Untuk bisa menyelesaikan kedua lukisan tersebut, saya memerlukan waktu lima hari,” ujarnya kepada MuriaNewsCom.

Sedangkan untuk harga lukisan itu, dirinya membanderol Rp 350 ribu untuk lukisan Gus Dur dan Rp 250 ribu untuk lukisan Gus Mus.

Dirinya menyatakan, untuk membuat sebuah lukisan dari kantong kresek, dibutuhkan kesabaran dan kejelian. Sebab, untuk merangkai kresek tersebut cukup njelimet dan harus tepat sesuai dengan pola yang sudah dibuat.

Lebih lanjut, Ja’far mengatakan, dirinya secara serius menekuni kerajinan dari limbah kresek itu baru sekitar tiga bulan lalu. Tak hanya lukisan saja sebenarnya, namun, beberapa kerajinan lain juga dibuatnya.

Editor : Akrom Hazami

Baca juga : Unik!Lukisan Gus Dur dan Gus Mus Ini Terbuat dari Kantong Kresek