Kesbangpol Kudus Siap Pantau Aktivitas Penganut Aliran Sabdo Kusumo

Kepala Kesbangpol Kudus, Djati Sholechah. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Kepala Kesbangpol Kudus, Djati Sholechah. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Aktivitas para penganut aliran Sabdo Kusumo Kudus mulai mendapat respon serius dari Kesbangpol Kudus. Pihak Kesbangpol berjanji melakukan penelusuran dan pemantauan aktivitas para penganut aliran tersebut.

Kepala Kesbangpol Djati Sholechah mengatakan, keberadaan aliran sesat tersebut memang sudah terdapat lama. Hanya, pihaknya tidak menduga kalau organisasi tersebut masih aktif hingga sekarang.

”Secepatnya kami akan bekerjasama dengan pihak desa dan BPD setempat. Peran masyarakat juga kami libatkan untuk mengetahui perkembangan organisasi tersebut,” katanya kepada MuriaNewsCom, Senin (23/5/2016)

Ia menjelaskan, pengawasan masyarakat memang sangat penting untuk mengetahui aktivitas para jamaah. Karena itu, jika nantinya masyarakjat menemukan perkembangan Sabdo Kusumo, ia meminta untuk segera melapor.

”Masyarakat bisa langsung lapor ke desa, dan kemudian diteruskan kepada Kejaksaan atau Kesbangpol untuk langsung ditindak lanjuti,” ungkapnya.

Selain pengawasan, ia juga akan menggencarkan sosialiasi tentang gerakan aliran sesat. Ini mengingat masih banyak masyarat yang tidak tahu mengenai organisasi terlarang.

”Dari Fatwa MUI, sudah jelas jika Sabdo Kusumo menjadi organisasi larangan. Tapi banyak masyarakat yang datang ke acara organisasi lantaran tidak tahu kalau ternyata terlarang. Itu jadi bukti kurangnya sosialisasi,” ungkapnya .

Dia menambahkan organisasi yang sempat ramai puasa 2009 lalu masih aktif berkegiatan. Untuk itulah kewaspadaan organisasi agar tidak menjadi besar juga ditingkatkan.

Editor: Supriyadi

BACA JUGA: Sabdo Kusumo, Aliran Sesat Asal Kudus Ternyata Masih Aktif