Wow, Peserta Pelatihan untuk Anak Jalanan di Kudus Membludak

Para peserta pelatihan diberikan pengarahan sebelum mengikuti pelatihan yang digelar Dinsosnakertrans Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Para peserta pelatihan diberikan pengarahan sebelum mengikuti pelatihan yang digelar Dinsosnakertrans Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Antusias anak jalanan dan para janda untuk mengikuti pelatihan ketrampilan dari Dinsosnakertrans Kudus terbilang cukup tinggi. Buktinya, para pendaftar yang ada mencapai 150an, sedangkan kapasitas pelatihan hanya 95 orang.

Kabid Sosial S Trimo Mengungkapkan, pada pelatihan tahun ini banyak yang daftar. Bahkan puluhan pendaftar terpaksa dipangkas lewat jalur seleksi.

”Yang daftar sangat banyak, hampir dua kali lipat. Maka dari itu seleksi dilakukan untuk mendapatkan yang benar benar sangat membutuhkan,” katanya kepada MuriaNewsCom

Seleksi dilakukan dengan cara melihat data. Apakah anak jalanan dan janda benar-benar sangat membutuhkan atau tidak. Hanya, khusus anak jalanan, dinas sudah mengantongi nama-nama yang diikutkan pelatihan.

”Kami berharap  dengan pelatihan maka dapat memberikan ketrampilan yang berbuah ekonomi. Sehingga mereka tidak meminta minta lagi,” harapnya.

Dia mencontohkan, seperti halnya peserta pelatihan tahun sebelumnya, yang sudah merintis usaha makanan ringan di GOR. Hal lain juga mampu mengurangi pengangguran di Kudus.

Kegiatan itu, kata dia adalah kegiatan rutin tahunan. Sehingga pada tahun lalu juga sempat dilaksanakannya. Begitupun tahun depan, juga ada kegiatan semacam itu.

Editor: Supriyadi