Wow, Ramainya Foto Selfie Bareng Fosil Kerbau

Sejumlah pengunjung stand Grobogan mengamati dan berfoto dengan latar belakang fosil purbakala dari Desa Banjarejo. (MuriaNewsCom/Dani Lau)

Sejumlah pengunjung stand Grobogan mengamati dan berfoto dengan latar belakang fosil purbakala dari Desa Banjarejo. (MuriaNewsCom/Dani Lau)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Stan Kabupaten Grobogan dalam Pameran Arsip dan Perpustakaan se-Jawa Tengah di Benteng Vastenburg Solo ternyata sangat diminati pengunjung. Terbukti, stan Grobogan yang diisi aneka koleksi fosil dari Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus itu tidak pernah sepi pengunjung.

“Sejak dibuka tanggal 3 Mei lalu sampai hari ini, sudah sekitar 500 an orang yang mampir ke stan Grobogan. Kayaknya, stan kita ini jadi salah satu favorit pengunjung pameran. Pamerannya akan berlangsung sampai 9 Mei,” ungkap Kades Banjarejo Ahmad Taufik yang selama tiga hari ini ikut menjaga stan pameran tersebut.

Menurutnya, animo pengunjung itu dinilai cukup wajar. Sebab, stan Grobogan memang menampilkan sesuatu yang berbeda. Yakni, aneka koleksi benda purba yang usianya mencapai jutaan tahun. Dari koleksi tersebut, ada dua yang jadi pusat perhatian pengunjung. Yakni, fosil kepala kerbau raksasa dan gading gajah purba.

“Hampir semua pengunjung pasti menyempatkan diri untuk foto selfie dengan latar belakang benda purbakala itu. Tapi, mereka harus antre dulu kalau mau foto. Soalnya, lokasi stan ukurannya cukup sempit, jadi harus gantian,” jelasnya.

Kedua benda bersejarah itu memang dinilai sangat istimewa. Selain usianya sudah mencapai jutaan tahun, ukuran fosil kepala kerbau yang ditemukan Rabu (9/9/2015) lalu, juga sangat besar. Yang mana, panjang antar ujung tanduk mencapai 170 cm. Kemudian tinggi tulang bagian kepala mencapai 60 cm dengan lebar 25 cm. Sedangkan panjang tiap tanduk sekitar 115 cm.

“Fosil kepala kerbau raksasa seperti ini selain istimewa juga sangat langka. Jadi, banyak orang yang langsung takjub ketika melihatnya. Bahkan, Mendikbud Anies Baswedan juga sangat kagum saat berkunjung kesini,” cetusnya.

Sementara gading gajah purba yang ditemukan (22/3/2016) lalu juga sangat langka. Dimana, panjangnya mencapai 2,18 meter, dengan lebar bagian bawah 15 cm dan ujungnya 5 cm.

Editor : Akrom Hazami