Meriahnya Sedekah Bumi dan Perang Obor Jepara

Meriahnya Sedekah Bumi (e)

Warga menikmati perang obor yang digelar di Jepara.

 

MuriaNewsCom, Jepara – Sukun Executive mensupport tradisi tahunan sedekah bumi dan perang obor yang digelar oleh warga Tegalsambi, Jepara pada Senin (2/5/2016).

Ribuan warga Jepara berkumpul untuk menonton tradisi tersebut. Seusai dibuka dengan doa, obor yang terbuat dari pelepah kelapa dan pisang kering disulut api oleh Bupati Jepara, Ahmad Marzuqi dan Wakil Bupati Jepara, Subroto.

Perang obor pun dimulai. Para peserta yang berjumlah 34 orang dan merupakan perwakilan dari masing-masing RT di desa Tegal Sambi masing-masing sudah memegang obor mereka, mengambil kuda-kuda untuk siap menyerang lawannya.

Seketika para peserta saling serang, dalam perang obor tidak mengenal istilah kawan atau lawan, karena peserta bisa menyerang peserta manapun. Panitia menyediakan sekitar 300 obor yang akan digunakan peserta. Perang obor yang dimulai pukul 20.00 WIB tersebut berlangsung sekitar satu jam atau setelah semua pelepah kelapa habis terbakar.

Untuk mengobati peserta maupun penonton yang mengalami luka bakar, panitia telah menyediakan obat berupa ramuan dedaunan yang telah diberi minyak kelapa.

Editor : Akrom Hazami