Mau Pilih Jurusan Unggulan di SMK Kudus, Ini Daftarnya

smk lagi-lagi (e)

Para pendukung SMK Weekend di kawasan Alun-alun Simpang Tujuh Kudus berfoto bersama usai pembukaan acara, Sabtu (30/4/2016). MuriaNewsCom (Faisol Hadi)

 

 

MuriaNewsCom, Kudus – Potensi sekolah menengah atas (SMK) di Kudus memang luar biasa. Hingga saat ini, tercatat 27 SMK yang tersebar di sembilan kecamatan.

Dari 27 SMK itu, terdapat beberapa jurusan unggulan yang patut untuk menjadi rujukan sekolah lanjutan kejuruan.

Director Bhakti Pendidikan Djarum Foundation Primadi H Serad mengungkapkan, kedelapan program unggulan SMK itu juga didukung penuh oleh Djarum Foundation, yang juga bekerja sama dengan Disdikpora Kudus.

”Jurusan yang dikembangkan berfokus pada jurusan yang memiliki potensi permintaan sumber daya manusia (SDM) pada bidang pekerjaan berpenghasilan tinggi,” katanya, usai pembukaan SMK Weekend, di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, Sabtu (30/4/2016).

Bidang itu misalnya adalah bidang teknologi informasi, sebagaimana penerapan kurikulum Cisco Networking Academy Program (CNAP) di SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Jurusan ini bertujuan untuk meningkatkan lulusan terampil dengan sertifikasi yang diakui seluruh dunia.

Untuk bidang lainnya adalah bidang teknik. Nah, siswa bisa memilih SMK jurusan Teknik Mesin, yang bekerjasama dengan institusi dari Jerman. Di mana di dalamnya dikembangkan kurikulum dan pengoperasian peralatan canggih untuk praktikum siswa.

Di bidang kelautan, SMK Wisudha Karya menjadi satu-satunya sekolah pelayaran tingkat SMK di Indonesia, yang memiliki fasilitas full mission bridge simulator. Melalui paket keahlian Nautika Kapal Niaga, sekolah ini mempersiapkan perwira muda di bidang navigasi kapal niaga.

Sedangkan paket keahlian lainnya yang juga dikembangkan di bidang kelautan adalah Teknika Kapal Niaga. Dilengkapi dengan ruang mesin kapal, para calon perwira muda disiapkan untuk menjadi ahli pemesinan kapal niaga. Lulusan dari masing-masing paket keahlian tersebut akan memperoleh Certificate of Competency Class 4 yang diakui dunia internasional.

Sementara untuk bidang ekonomi kreatif, ada 3 jurusan yang dikembangkan. Yakni Tata Boga, Tata Busana, dan Animasi.

”Acara SMK Weekend bertujuan untuk mengenalkan lebih dalam kepada masyarakat, tentang beragam jurusan yang ada di tingkat sekolah menengah kejuruan,” ungkapnya.

Dengan demikian, menurut Primadi H Serad, diharapkan dapat menarik minat siswa di tingkat sekolah menengah pertama (SMP) yang akan naik ke tingkat lajuta. ”Hal itu juga sesuai dengan keinginan bupati Kudus yang memang ingin mempromosikan SMK di Kudus sebagai SMK unggulan,” imbuhnya.

Editor: Merie