HARI BURUH : Ternyata Seperti Inilah Buruh di Mata Pengusaha Pati

uplod jam 13 00 buruh maning (e)

Sejumlah perwakilan pengusaha di Pati saat berdialog dengan serikat buruh di Mapolres Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Sedikitnya ada 40 perusahaan di Pati yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo). Sementara itu, buruh yang tergabung dalam serikat buruh mencapai 22.000 orang dan 10.000 orang di antaranya tidak tercatat dalam organisasi serikat buruh.

Perayaan Hari Buruh Internasional atau May Day di Bumi Mina Tani sudah disepakati untuk tidak melakukan kegiatan pengerahan massa atau demo. Sikap serikat buruh tersebut disambut baik dari pengusaha yang tergabung dalam Apindo.

M Ridwan, salah satu anggota Apindo Pati mengaku memposisikan buruh sebagai mitra kerja. Pasalnya, mereka yang bekerja untuk perkembangan dan kemajuan perusahaan.

“Buruh, termasuk serikat pekerja itu bukan musuh, tetapi mitra. Mitra untuk berembug, diskusi dan komunikasi bila ada hal yang harus dibahas terkait dengan kesejahteraan buruh yang pada akhirnya untuk perusahaan juga. Buruh bukan alat, tetapi mitra manajemen,” ujar Ridwan kepada MuriaNewsCom, Sabtu (30/4/2016).

Ia mengatakan, buruh juga harus mengetahui kondisi perusahaan di saat ekonomi nasional tengah terpuruk. Pada 2015, misalnya. Pihaknya harus melakukan efisiensi karyawan karena kondisi ekonomi nasional yang memang sulit.

Hampir semua perusahaan, kata dia, waktu itu banyak yang melakukan efisiensi karyawan, pengurangan tenaga kerja, bahkan ada yang melakukan penutupan. Karena itu, kondisi itu juga harus dipahami buruh.

“Kita memang harus saling sharing dan menghindari gesekan bila tidak terpenuhinya hak dan kewajiban. May Day itu tidak selalu identik dengan demo. Kegiatan positif seperti jalan sehat, bakti sosial, olahgara, diskusi, dan beragam kegiatan positif lainnya bisa menjadi ajang untuk memperingati May Day,” tandasnya.

Editor : Akrom Hazami

Baca juga :

 

HARI BURUH : Ratusan Polisi Pengendali Massa Disiagakan untuk Pengamanan di Pati