Pasar Kliwon Kudus Bakal Jadi Ikon Wisata Belanja

wisata belanja lagi (e)

Pasar Kliwon Kudus yang sudah terkenal ini, akan menjadi ikon bagi upaya pengembangan wisata belanja yang diterapkan Disbudpar. MuriaNewsCom (Faisol Hadi)

 

 

MuriaNewsCom, Kudus – Rencana Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus untuk membuat wisata belanja di wilayah ini, tampaknya memang akan serius dilakukan.

Bahkan, dinas sudah mengincar Pasar Kliwon sebagai ikon program wisata belanja tersebut. Pasalnya, Pasar Kliwon selama ini sudah menjadi magnet bagi banyak orang untuk datang belanja ke sana.

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata pada Disbudpar Kudus Dwi Yusi Sasepti mengatakan, selama ini Pasar Kliwon lebih dikenal sebagai pasar grosir. Padahal pengecer jika mau datang, juga banyak yang barang yang dapat ditemukan di sana.

Menurut Yusi, panggilan akrab Dwi Yusi Sasepti, konsep itu merupakan konsep jangka panjang dan sederhana. Apalagi ditunjang nantinya keberadaan parkir pasar yang megah dan luas, akan semakin mendukung wisata belanja itu.

”Kita tengok saja negara luar. Di sana banyak yang wisatanya adalah belanja. Termasuk di Jakarta, juga demikian. Wisatanya juga wisata belanja. Lantas, kenapa di Kudus ini tidak bisa,” ungkapnya.

Namun untuk menyukseskan progam itu, tidak dapat dilakukan Disbudpar saja. Untuk itulah dibutuhkan kerja sama dan partisipasi dari instansi lainnya. Dalam hal ini Dinas Prdagangan dan Pengelolaan Pasar yang cukup punya andil besar.

”Nanti harapannya bukan hanya belanja saja, tapi ada pusat oleh-oleh dan souvenir khas Kudus. Untuk suksesnya juga dapat bekerja sama dengan biro jasa tour dan sebagainya,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disdagsar) Kudus Sudiharti mengungkapkan, nantinya depan Pasar Kliwon akan khusus untuk parkir bus wisata.

”Sehingga Pasar Kliwon akan semakin ramai. Kan, kalau parkir nanti sudah jadi, bagian depan akan steril. Jadi, untuk kendaraan wisata saja,” katanya.

Editor: Merie