KPUK Pati Plong, Dana Pilkada Cair

Ketua KPU Pati Moch Nasick menandatangani naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk anggaran Pilkada 2017, Jumat (29/4/2016). (muriaNewsCom/Lismanto)

Ketua KPU Pati Moch Nasick menandatangani naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk anggaran Pilkada 2017, Jumat (29/4/2016). (muriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Pelaksanaan Pilkada Pati 2017, bakal berjalan lancar. Pasalnya dana Pilkada senilai Rp 29,7 miliar, akhirnya disepakati cair dalam dua tahap.

Kesepakatan itu tertuang dalam naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang dilakukan Bupati Pati Haryanto, Kapolres Pati AKBP R Setijo Nugroho, dan Dandim 0718/Pati Andri Amijaya Kusuma, di Ruang Pringgitan Pendopo Kabupaten Pati, Jumat (29/4/2016).

Dari total dana Rp 29,7 miliar, sebanyak Rp 14,6 miliar akan dipenuhi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni 2016. Sisanya, sebanyak 15,1 miliar akan diambil dari APBD Perubahan (APBDP) 2016.

Dengan kesepakatan tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati tak lagi khawatir akan kemungkinan tersendatnya penyelenggaraan pemilu. Sebelumnya, pihak KPU khawatir bila pencairan dana kedua dilakukan pada 2017, sehingga berpotensi mengganggu penyelenggaran Pilkada.

Ketua KPU Pati Moch Nasick mengaku lega dengan keputusan itu. Dia memang sempat khawatir, karena biasanya dana dari pemkab biasanya cair sesudah Februari.

”Kalau penyelenggaraan Pilkada dilakukan 15 Februari 2017, itu artinya dana untuk Pilkada terancam cair sesudah pelaksanaan Pilkada. Sehingga dikhawatirkan mengganggu penyelenggaraan. Kalau bisa dicairkan pertengahan 2016 pada perubahan anggaran, kami bisa bernapas lega,” ungkapnya.

Setelah melakukan penandatanganan NPHD, pihaknya akan segera mengajukan register ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Berbeda dengan tahun lalu, pencairan dana tak perlu melakukan register.

”Setelah registrasi, dana baru bisa dicairkan. Dalam regulasinya sekarang, pencairan dana memang harus diregistrasi di Kementerian Keuangan. Kami berharap pelaksanaan Pilkada Pati 2017 berjalan lancar,” harapnya.

Editor: Merie