Katanya Mei Ini Pasar Kliwon Bakal Punya Parkir Megah Senilai Rp 22 M

Plt Kepala Disdagsar Kudus Sudiharti. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Plt Kepala Disdagsar Kudus Sudiharti. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Penataan parkir di Pasar Kliwon Kudus, bakal dilaksanakan bulan Mei depan. Bukan hanya parkir yang megah saja yang akan dibangun di sana.

Tetapi pada Mei nanti, Pasar Kliwon juga bakal dibangunkan sebuah lift, yang akan mendukung aktivitas di pasar grosir terbesar di wilayah eks Karesidenan Pati itu.

Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disdagsar) Kudus Sudiharti, Pemkab Kudus sudah menyediakan anggaran sebesar Rp 22 miliar, untuk kebutuhan pembangunan pasar.
”Sudah disiapkan Rp 22 miliar untuk pembangunan parkirnya, sekaligus dengan lift. Nilainya memang lebih kecil dari usulan kami semula, yang Rp 32 miliar,” katanya kepada MuriaNewsCom, Jumat (29/4/2016).

Meski mendapatkan Rp 22 miliar, bangunan megah parkir dan lift akan tetap dilaksanakan. Rencananya, bangunan parkir akan berupa bangunan tiga setengah lantai.

”Jadi tiap lantai setengah-setengah. Masuk ke kanan setengah, kemudian belok ke kiri naik setengah lagi, dan seterusnya,” ujarnya.

Sedangkan pembangunan lift dilakukan, dikarenakan untuk memudahkan aktivitas pedagang. Sehingga dari areal parkir akan bisa langsung menuju ke lantai yang diinginkan di pasar tersebut.
Dia mengatakan, rencananya lahan yang digunakan gedung parkir adalah di sebelah barat pasar.

Sehingga akses jalan tidak akan terganggu, lantaran jalan barat pasar tetap dapat dilalui dengan diberikan terowongan.

Sudiharti menambahkan, lahan yang akan dibangun gedung parkir sekitar 60×25 meter. Gedung tersebut rencananya menampung kurang lebih 200 mobil.

Editor: Merie