Salut, 3 Bulan Sekali Ratusan Siswa SMKN 1 Purwodadi Donorkan Darahnya

uplod jam 00

Sejumlah siswa SMKN 1 Purwodadi sedang diambil darahnya oleh petugas PMI. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Sebuah kegiatan positif dilakukan siswa SMKN 1 Purwodadi sejak lama. Yakni, melangsungkan acara donor darah secara rutin setiap tiga bulan sekali.

Setiap pelaksanaan donor darah ini selalu diikuti ratusan siswa. Lantaran pesertanya cukup banyak, donor darah yang dilangsungkan di sekolahan itu biasanya berlangsung dari pagi hingga sore hari.

“Hari ini tadi, jumlah pesertanya hanya berkisar 100 an orang. Selain siswa, guru dan karyawan juga ikut dalam donor darah ini,” ungkap Sudono, salah seorang guru SMKN 1 Purwodadi yang ditemui dalam acara donor darah, Selasa (26/4/2016).

Menurutnya, peserta donor darah biasanya bisa mencapai 200-an orang. Namun, kali ini jumlahnya tidak begitu banyak.

Sebab, siswa kelas XII kebanyakan sudah tidak masuk sekolah setelah selesai UN lalu. Sehingga, banyak di antara mereka yang tidak bisa lagi ikut donor darah.

Di antara siswa tersebut ada yang sudah rutin ikut menyumbangkan darahnya bagi kemanusiaan. Namun, ada beberapa siswa yang mengaku baru kali ini diambil darahnya.

“Dalam donor darah sebelumnya, saya tidak bisa ikut karena sedang mengikuti kegiatan sekolah. Sekarang akhirnya bisa ikut dan saya merasa senang,” cetus Heri, salah satu siswa yang ikut donor darah.

Sementara itu, Kepala Bagian P2DS PMI Grobogan Ahmad Jamari mengungkapkan, selama ini pihaknya juga pro aktif untuk menjaring para pendonor. Misalnya, dengan menggandeng sekolah, instansi pemerintahan dan swasta serta ormas. Kemudian, setiap hari Minggu, pihaknya menyediakan layanan donor darah keliling di ajang car free day (CFD) di Jalan R Suprapto Purwodadi.

Ditambahkan, berbagai upaya itu dilakukan mengingat kebutuhan darah setiap bulan memang cukup banyak. Yakni, berkisar 1.000 hingga 1.200 kantong.

“Untuk stok darah saat ini masih cukup aman. Namun, semakin banyak stok tentunya semakin baik untuk berjaga-jaga kalau ada kebutuhan mendadak dalam jumlah besar,” sambungnya.

Editor : Akrom Hazami