Gerbang Kudus Kota Keretek Bakal Diresmikan Besok

uplod jm 01 dini hari GKKK akan diresmikan (e)

Gerbang Kudus Kota Keretek (GKKK) akan diresmikan. (MuriaNewsCom)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Salah satu simbol semangat kebangkitan Industri Hasil Tembakau (IHT) Gerbang Kudus Kota Keretek (GKKK), menurut rencana Rabu (27/4/2016) besok malam akan diresmikan.

Bangunan tersebut diyakini menjadi yang termegah tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di Asia Tenggara. Bangunan yang dibangun PT Djarum senilai Rp 16,1 miliar akan diserahkan ke Pemkab Kudus dan diprediksi menjadi salah satu ikon baru Kota Kretek pada masa mendatang.

Menurut Purwono Nugroho, Senior Manager Public Affairs PT Djarum, kepada MuriaNewsCom, mengatakan, GKKK melambangkan kota asal dari rokok kretek yaitu Kudus, sehingga akhirnya diberi nama GKKK. Pembangunan gerbang dimulai 2 Januari 2014, hanya saja karena saat itu banjir maka peletakan batu pertamanya baru dilaksanakan 22 April 2014.

”Dan proyek ini selesai pada 12 Juli 2015. Atau total yang diperlukan untuk pembangunan selama 1,5 tahun,” katanya.

Dia melanjutkan, gerbang didesain tim Global Rancang Selaras asal Yogyakarta yang dipimpin Adi Hatmoko. Lokasinya berada di kawasan Taman Tanggul Angin, terletak di jalur Pantura Timur yang merupakan jalan nasional.

“Dengan bangunan gerbang yang futuristik, Kudus diharapkan dapat mengokohkan diri sebagai Kota Kretek,” jelasnya.

Editor : Akrom Hazami