Unik, Warga Kalidoro Pati Gelar Fashion Show Busana Daur Ulang Sampah

uplod jam 9 (e).jpg

Sejumlah model-model cilik dari Kelurahan Kalidoro peragakan ragam busana daur ulang dari pemanfaatan sampah. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Kreatif. Begitu kata yang laik disematkan untuk ibu-ibu di Kelurahan Kalidoro, Kecamatan Pati Kota. Mereka berhasil menyulap sampah-sampah menjadi busana bernilai ekonomi tinggi.

Untuk memamerkan beragam karya busana yang dibuat dari sampah, mereka menggelar fashion show bertajuk “Dengan Semangat Kartini Kita, Ciptakan Kartini-Kartini Muda yang Tangguh dan Peduli Lingkungan.”  Belasan karya busana daur ulang yang dikenakan para “kembang desa” itupun berhasil membuat penonton tercengang.

Ketua Panitia Fashion Show, Sri Widowati mengatakan, busana daur ulang itu dibuat dari pemanfaatan barang-barang bekas tak terpakai seperti koran, botol air mineral, tutup air mineral, bungkus plastik detergen, kain perca sisa hajatan, kardus, dan beragam barang tak terpakai lainnya.

“Ada 13 peserta yang ikut dari warga Kelurahan Kalidoro sendiri. Mereka jadi model untuk memperagakan busana daur ulang kreasi ibu-ibu Kelurahan Kalidoro. Saat ini, kami tengah mencari investor. Siapa tahu ada yang mau menanam saham untuk bisnis busana daur ulang,” ujar Sri kepada MuriaNewsCom, Senin (25/4/2016).

Sementara itu, Sri Hartati, Lurah Kalidoro mengaku bangga dengan hasil kreasi ibu-ibu yang mampu menciptakan busana daur ulang dengan hasil yang menakjubkan. Hal itu diharapkan bisa mengurangi sampah dan menyulapnya menjadi barang dengan nilai ekonomi tinggi.

“Sampah sudah menjadi dilema masyarakat. Sampah menjadi penyebab banjir, polusi tanah, polusi udara dan dampak negatif lainnya. Karena itu, kita bertekad untuk memanfaatkan sampah sebagai wujud kami peduli pada lingkungan. Terlebih, sampah justru bisa membuka peluang usaha baru bagi masyarakat karena bernilai ekonomi tinggi,” pungkasnya.

Editor : Akrom Hazami

2 gagasan untuk “Unik, Warga Kalidoro Pati Gelar Fashion Show Busana Daur Ulang Sampah

  1. Ping-balik: Busana Daur Ulang Sampah Kreasi Ibu-ibu Kalidoro Pati Bakal Dikomersialkan | Muria News

  2. Ping-balik: Percaya atau Tidak, Busana Anggun Buatan Warga Pati Ini Didesain dari Koran Bekas | Muria News

Komentar ditutup.