Busana Daur Ulang Sampah Kreasi Ibu-ibu Kalidoro Pati Bakal Dikomersialkan

Jpeg

Busana-busana daur ulang dari sampah hasil kreasi ibu-ibu Kelurahan Kalidoro dipakai dalam acara fashion show peringatan Hari Kartini di Taman Kalidoro. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Busana daur ulang dari pemanfaatan sampah di Desa Kalidoro, Kecamatan Pati Kota, rencananya akan dikomersialkan. Produk hasil kreasi ibu-ibu di kelurahan tersebut bakal diproduksi menjadi baju-baju siap pakai.

Sayangnya, upaya mereka untuk menjadikan busana daur ulang sebagai produk siap pakai terkendala dana. “Ini peluang bisnis yang menjanjikan. Namun, kami masih terkendala dana. Karena itu, kita siap bekerja sama dengan investor yang akan menanamkan saham untuk membuat produk busana daur ulang,” ujar Sri Widowati, warga Kelurahan Kalidoro kepada MuriaNewsCom, Senin (25/4/2016).

Ia berharap agar sampah-sampah menumpuk yang selama ini menjadi momok bagi masyarakat justru bisa menghidupi. Sampah yang identik dengan barang tak laik pakai yang harus dimusnahkan, diharapkan berubah menjadi barang mahal yang dapat meningkatkan ekonomi warga.

“Awalnya, kita ingin peduli lingkungan dengan melakukan program 5R, yaitu reduce, reuse, recycle, replace, dan replant. Nah, busana daur ulang itu sebetulnya menyangkut reuse (menggunakan kembali) dan recycle (mendaur ulang),” ujar Widowati.

Setelah sejumlah busana daur ulang sampah berhasil dibuat, mereka kemudian berpikir untuk melakukan komersialisasi dengan menjual produk tersebut. Dengan begitu, sampah yang biasanya dibakar menjadi energi tak terpakai justru bisa mendatangkan pundi-pundi uang.

Upaya itu mendapatkan dukungan dari Lurah Kalidoro, Sri Hartati. Ia berharap besar agar sampah-sampah yang disulap ibu-ibu Kalidoro menjadi busana cantik bisa menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat.

Editor : Akrom Hazami
Baca juga :

Unik, Warga Kalidoro Pati Gelar Fashion Show Busana Daur Ulang Sampah