Gowes Bareng, Cara Sederhana SMP 2 Jepon Blora Kembalikan Semangat Siswa Usai Ujian

Sejumlah siswa sedang mengendarai sepeda berkeliling desa. (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

Sejumlah siswa sedang mengendarai sepeda berkeliling desa. (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

 

MuriaNewsCom, Blora – Ujian sekolah memang cukup menguras konsentrasi dan pikiran bagi siswa, tak terkecuali peserta didik di SMP 2 Jepon, Blora. Namun, ada cara yang sederhana dilakukan pihak sekolah, untuk mengembalikan semangat siswa-siswi usai menempuh ujian.

Yap, sangat sederhana dan murah. Seperti yang dilakukan Sabtu (23/4/2016) pagi tadi. Ratusan siswa SMP 2 Jepon diajak berkeliling desa sekitar sekolah, dengan menggunakan sepeda. Udara pagi yang segar dan pemandangan khas desa menambah, suasana kebersamaan semakin terasa.

Terlihat, keceriaan terpancar dari wajah ratusan murid juga terpancar. Mereka seoalah sejenak melupakan kejenuhan pikiran mereka setelah berkutat dengan mata pelajaran.

“Anak-anak baru saja ikut tes dan ujian sekolah, jadi biar ada penyegaran, kami ajak refresing naik sepeda bersama. Ini semuanya, kelas satu sampai kelas tiga. Untuk kelas tiga, agar tidak tegang dan siap menghadapi ujian nasional,” ujar Wahyu, salah seorang Guru SMPN 2 Jepon yang ikut mengawal gowes bersama.

Rute yang ditempuh, dari halaman sekolah, kemudian melintas Jalan Bangsri ke arah barat, Perempatan Desa Andongrejo ke selatan dilanjutkan melintasi Jalan Desa Purworejo hingga kembali ke sekolah.
Gowes bersama juga menarik perhatian para warga sekitar.

Hal ini juga dinilai dapat mengajarkan kesederhanaan bagi siswa. Karena saat ini sudah banyak dikalangan pelajar yang pergi ke sekolah dengan mengendarai sepeda motor . “Itu sangat baik dan patut ditiru, daripada anak-anak ke sekolah pada iring-iringan naik sepeda motor,” ujar Kasiyanto, warga Bangsri.

Editor : Kholistiono