HARI KARTINI : Ini Makna Hari Kartini Bagi Wakil DPRD Blora

Sri Handayani, Wakil Ketua DPRD Blora. (Istimewa)

Sri Handayani, Wakil Ketua DPRD Blora. (Istimewa)

 

MuriaNewsCom, Blora – Peringatan Hari Kartini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi wanita masa kini, karena Kartini menjadi pelopor untuk sebuah kemajuan wanita, terutama di Indonesia. Dengan hal itu makna Hari Kartini bukan hanya sekadar seremonial semata.

Sebab, Kartini merupakan sosok perempuan Indonesia yang berusaha untuk bisa meningkatkan derajat perempuan agar bisa lebih baik.

“Dampak dari perjuangannya tersebut hingga kini masih terasa, dan itu sangat memotivasi saya dalam mengemban amanah rakyat,” ujar Sri Handayani, Wakil Ketua DPRD Blora Kamis, (21/04/2016).

Seorang perempuan, kata Sri Handayani, memiliki hak yang sama dalam memperoleh pendidikan. Itulah juga yang merupakan inti dari perjuangan Kartini dalam membebaskan kaum perempuan dari kebodohan.

“Kini hal tersebut tampak nyata dari banyaknya perempuan yang telah mengenyam pendidikan yang tinggi dan akhirnya memiliki profesi yang sangat baik di bidangnya,” ujar perempuan Blora yang kali pertama menjadi Wakil Ketua DPRD Blora.

Sosok Kartini, menurut Sri Handayani, menjadi sebuah kebanggaan bagi Indonesia karena memiliki perempuan hebat yang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

“Dengan adanya semangat Kartini, kaum perempuan tak lagi sebagai konco wingking. Tentu saja memiliki hak perlindungan hukum jika terjadi tindakan kekerasan perempuan, seperti misalnya yang terjadi dalam rumah tangga. Meski demikian sebagai perempuan jangan sampai melupakan kodratnya,” ungkapnya.

Editor : Kholistiono