Gua Wareh, “Berlian” Gunung Kendeng yang Belum Terekspos

uplod jm 12 (e)

Anak-anak tengah bermain di mulut Gua Wareh. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Pegunungan Kendeng yang berada di kawasan Pati selatan menyimpan sejuta pesona keindahan alam yang tak kalah dengan daerah-daerah lainnya. Sayangnya, “berlian” itu belum banyak diketahui orang.

Salah satu “berlian” Gunung Kendeng yang bisa menjadi agenda berkunjung, di antaranya Gua Wareh. Berlokasi di Desa Kedumulyo, Kecamatan Sukolilo, gua ini menghasilkan sumber mata air yang jernih dan begitu memesona.

Sejumlah pengunjung yang datang biasanya memanfaatkannya untuk mandi. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua. Gua ini berlokasi tepat di bawah lereng pegunungan Kendeng.

Adiyo Ponco, salah satu pengunjung dari Grobogan mengaku takjub dengan gua itu. Kejernihan air yang bersumber dari dalam gua diakui tak bisa ditemukan di tempat sembarangan, apalagi di kota.

“Suasananya begitu asri, teduh, dan sejuk. Apalagi kalau masuk dalam mulut gua, hawanya begitu sejuk. Saya baru pertama kali berkunjung ke sini. Sebelumnya malah tidak tahu,” ujar Ponco kepada MuriaNewsCom, Sabtu (16/4/2016).

Sejumlah anak-anak balita yang bermain di dalam aliran air Gua Wareh menggunakan pelampung. Orang tua pun tampak mengawasi anak yang kegirangan bermain air jernih di sekitar Gua Wareh. Tak ayal, gua yang belum banyak diketahui orang ini bisa jadi agenda berlibur keluarga.

Editor : Akrom Hazami

Satu gagasan untuk “Gua Wareh, “Berlian” Gunung Kendeng yang Belum Terekspos

  1. Ping-balik: Akses Gua Wareh Pati Buruk | Muria News

Komentar ditutup.