Donor Darah dalam Rangka Ulang Tahun ke-4 Indomanutd Kudus Meriah

foto-donor (e)

Salah satu anggota Indomanutd Jhon Jr saat melakukan donor darah di United Futsal Stadium Kudus, Sabtu (16/4/2016). (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Aksi donor darah yang dilakukan fans klub Manchester United yang tergabung dalam Indonesia Manchester United (Indomanutd) Kudus di United Futsal Stadium, Sabtu (16/4/2016) berlangsung meriah. Puluhan anggota Indomanutd bahkan rela mengantre untuk bisa menyumbangkan darahnya.

Satria Agus Himawan, panitia penyelenggara mengatakan, aksi donor darah ini memang untuk aksi sosial sekaligus kepedulian kepada sesama. Apalagi kebutuhan darah bagi orang kecelakaan ataupun ibu melahirkan tak dapat diduga-duga.

”Karena itu, kami melakukan donor darah dengan menggandeng PMI Kudus. Paling tidak aksi kecil ini bisa menumbuhkan jiwa sosial kepada sesama,” kata Satria yang kini menjabat sebagai Ketua Indomanutd Kudus.

Apalagi, di Kabupaten Kudus pencinta klub Manchaster United baik yang sudah ter-cover di Indomanutd ataupun belum jumlahnya mencapai ratusan, bahkan mencapai ribuan. Untuk itu, ia mau memberikan contoh konkrit berbagi dengan sesama melalui donor darah.

”Kali ini kami menarget 50 kantong darah. Tapi saat ini sudah sepruh lebih. Mungkin target tersebut bisa lebih,” ungkapnya.

Satria menyebutkan, selain aksi donor darah, pihaknya juga menggelar seremoni tumpengan untuk perayaan ulangtahun. Untuk tempatnya bakal dilakukan di United Cafe, Sabtu malam ini.

”Saya harap semua anggota Indomanutd bisa meluangkan waktunya untuk mengikuti acara tersebut,” pintanya.

Sementara itu, Jhon Jr salah satu pendonor darah sekaligus anggota Indomanutd mengaku aksi donor ini adalah pengalaman pertama. Meski begitu ia merasakan kepuasan tersendiri, apalagi ia bisa menyumbangkan darahnya untuk orang lain.

”Ini pengalaman pertama, tapi rasanya luar biasa. Kalau memungkinkan saya ingin mengikuti aksi donor darah setiap tiga bulan sekali seperti yang disarankan petugas PMI Kudus,” ujarnya.

Hal Senada diungkapkan oleh Catur Anggoro Priyo. Anggota Indomanutd yang ini juga mengaku ketagihan melakukan donor darah. Ia pun menyambut positiv jika aksi donor darah bakal dilakukan rutin.

”Sebelum ini, ada wacana jika aksi donor darah ini akan dilakukan rutin. Kalau itu benar dilakukan ini akan menjadi trobosan baru. Selain menyehatkan, darah kita bisa bermanfaat untuk orang lain,” tandasnya.

Di sisi lain, Sofia, salah satu anggota PMI Kudus mengatakan, darah yang ada saat ini akan diuji lab terlebih dahulu. Tujuannya, untuk mendapatkan darah yang bebas dari penyakit.

”Setiap kantong darah yang diambil kita ambil sampelnya. Sampel itu akan kita uji lab terlebih dahulu. Dengan begitu darah baru bisa digunakan,” ungkapnya.

Hanya saja, jika terdeteksi penyakit, pihaknya tak bisa menggunakannya. Otomatis darah tersebut akan mubadzir. ”Biasanya penyakit yang tidak bisa menggunakan darah adalah penyakit Hepatitis B dan Hepatitis C. Keduanya itu menyebabkan sakit liver. Selain itu, darah juga harus bebas dari penyakit HIV dan sipilis,” tambahnya.

Editor: Supriyadi